Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Pada Pembelajaran Pengurangan Bilangan Cacah Matematika Kelas III di SDN Cipetung
Abstract
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bilangan dan bangun-bangun. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 siswa secara heterogen, yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku. Media kartu bilangan termasuk kedalam media grafis yaitu media gambar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengurangan bilangan cacah siswa kelas III SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD.
Kata Kunci: Matematika, STAD, kartu bilangan, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v6i2.7324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.