Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Picture And Picture Dengan Pemanfaatan Media Kartu Dan Gambar

Nurul Ikromah

Abstract


Tercapainya tujuan pembelajaran tentunya perlu didukung oleh pemilihan model pembelajaran. Seorang guru harus memilih model yang tepat agar proses belajar mengajar lebih efektif. Namun pada kenyataannya di SDN Petunjungan 01 guru masih kurang tepat dalam memilih model, oleh sebab itu proses belajar mengajarpun menjadi kurang aktif. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran ini adalah model Picture and Picture. Permasalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas guru dengan menerapkan model Picture and Picture (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dengan menerapkan model Picture and Picturedan (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan menerapkan model Picture and Picture?. Penelitian ini mencakup Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Petunjungan 01 yang berjumlah sebanyak 22 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa dan hasil test siswa, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Adapun hasil penilitian yang diperoleh adalah (1) aktivitas guru pada siklus I dengan menggnakan model Picture and Picture dari 80,35% menjadi 92,8% pada siklus II, (2) aktivitas siswa pada siklus I dengan menggunakan model Picture and Picture 78,57% menjadi 91% pada siklus II dan (3) hasil belajar pada siklus I dengan menggunakan model Picture and Picture 63% menjadi 95,45%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model Picture and Picture menunjukkan hasil yang sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Picture and Picture dapat meninggkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih aktif dan kemampuan guru lebih meningkat.

Kata Kunci: model pembelajaran 1, picture and picture 2, media pembelajaran 3


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v6i2.7329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.