Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Materi Ungkapan Tolong Dan Terima Kasih Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Video Animasi Bagi Siswa Kelas Ia SD Negeri 1 Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Pada Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada materi ungkapan tolong dan terima kasih melalui video animasi pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik kelas IA SD Negeri 1 Tanjung Kecamatan Puwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus.
Penelitian Tindakan Kelas ini secara daring mengingat kondisi Covid 19 yang terjadi saat ini sehingga tidak dimungkinkan pembelajaran tatap muka. Pelaksaan pembelajaran dilakukan menggunakan platform Google Meet dan Zoom Meeting dengan presentasi menggunakan media power point yang didalamnya terdapat video animasi ungkapan tolong dan terima kasih yang bertujuan untuk meingkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik kelas 1A SD N 1 Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas.
Keterampilan berbicara merupakan keterampilan kebahasaan yang sangat penting. Menurut Brown dan Yule (dalam Santosa, 2009:6.34), berbicara dapat diartikan sebagai kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi bahasa untuk mengekspresikan atau menyampaikan pikiran, gagasan atau perasaan secara lisan. Berbicara sering dianggap sebagai alat manusia yang paling penting bagi kontrol sosial, karena berbicara merupakan suatu bentuk perilaku manusia yang memanfaatkan faktor-faktor fisik, psikologis, neurologist, dan linguistik secara luas.
Dari penelitian tindakan kelas ini diperoleh penilaian unjuk kerja keterampilan berbicara subjek penelitian dari kondisi awal dengan rata – rata nilai 58, siklus I memperoleh rata – rata nilai 60.2, siklus II memperoleh nilai rata-rata 76,6 dan di siklus III memperoleh nilai rata-rata 86,5. Dengan demikian dari kondisi awal ke kondisi akhir, rata – rata nilai keterampilan berbicara ungkapan tolong dan terima kasih subjek penelitian mengalami peningkatan 28,5 poin. Dengan ketuntasan di siklus III mencapai 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media video animasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada materi ungkapan tolong dan terima kasih dengan muatan pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IA SD Negeri 1 Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun ajaran 2020/2021.
Kata Kunci : Video animasi, Tolong, Terima kasih.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.