Peningkatan Hasil Belajar Materi Makna Kosakata Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Make A Match Menggunakan Game Edukasi Pada Peserta Didik Kelas II SDN 2 Pagergunung

Wahyu Musrifah

Abstract


ABSTRAK

 

Hasil nilai evaluasi mata pelajaran Bahasa Indonesia materi makna kosa kata pada peserta didik kelas II di SDN 2 Pagergunung tahun pelajaran 2020/2021 masih rendah. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model, metode, dan media yang tepat. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2020 dengan model pembelajaran make a match menggunakan game edukasi. Metode pengumpulan data berupa kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah 85% dari jumlah peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik. Kondisi awal ketuntasan belajar 11% dengan rata-rata kelas 36. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 32% dengan rata-rata kelas 62. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 58% dengan rata-rata kelas 73. Dan pada siklus III juga mengalami peningkatan lagi menjadi 89% dengan rata-rata kelas 84%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunakan model make a match menggunakan game edukasi dapat meningkatkan hasil belajar makna kosa kata pada peserta didik kelas II di SDN 2 Pagergunung tahun pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Make a match, game edukasi

 

ABSTRACT

 

The results of the evaluation scores subject matter meaning vocabulary for grade II students at  Pagergunung  2 elementary school in the 2020/2021 academic year are still low. This is because the teacher has not used the right models, methods and media. This research was conducted in November 2020 with a make a match learning model using educational games. Data collection methods are quantitative and qualitative. The success indicator is 85% of the total number of students. The results of data analysis showed an increase in learning outcomes in students. The initial condition of learning completeness is 11% with an average class of 36. In the first cycle it has increased to 32% with an average class of 62. Then in the second cycle it has increased again to 58% with an average class of 73. And in cycle III also increased again to 89% with a class average of 84%. Based on these data, it can be concluded that using the make a match model using educational games can improve learning outcomes for the meaning of vocabulary in grade II students at Pagergunung  2 elementary school in the 2020/2021 academic year.

 

Keywords: Learning Outcomes, Make a match, educational games

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v6i2.7358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.