Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV Menggunakan Google Classroom

Hendro Utomo

Abstract


Penelitian ini adalah gagasan ilmiah yang berupaya mencari pemecahan masalah literasi pada siswa Kelas 4 di SD Bukit Aksara. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menumbuhkan semangat literasi sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut melalui kegiatan mengerjakan soal tematik. Fokus utama kegiatan literasi yang dituju dalam penelitian ini adalah literasi daring atau pemanfaatan sumber- sumber bahan bacaan baik itu handout, LKPD, media, dan sumber bacaan lainnya yang tersedia melalui daring dengan menggunakan aplikasi google classroom. Google classroom merupakan aplikasi pembelajaran virtual yang dikeluarkan oleh Google. Kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini menjadi dasar pemikiran penulis untuk mengembangkan kegiatan literasi pada siswa menggunakan aplikasi ini. Beberapa keunggulan aplikasi ini diantaranya sebagai berikut. Pertama, kemudahan untuk mengakses aplikasi, yaitu melalui gawai atau telepon pintar yang dimiliki siswa. Kedua, aplikasi ini memungkinkan guru untuk mengirim tugas baca atau bahan literasi kepada seluruh siswa secara cepat dalam satu kali klik. Ketiga, guru dapat memanfaatkan aplikasi ini sebagai diskusi literasi dengan siswa secara bersamaan sehingga guru dapat memantau aktivitas literasi siswa. Keempat, melalui google classroom siswa dapat menginstruksikan, menetapkan, dan membicarakan dengan siswa secara daring diwaktu yang sama secara bersamaan (kelas virtual).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.