Peningkatan Literasi Sains Siswa Tentang Radiasi Elektromagnetik Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Haryono Haryono

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa tentang radiasi elektromagnetik. PTK ini dilaksanakan dalam tiga siklus di kelas XII MIPA 4 SMAN 1 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil rata-rata literasi sains siswa pada siklus I yaitu 71,00, pada siklus II sebesar 75,00, dan pada siklus III sebesar 82,80. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasannya menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan literasi sains siswa tentang radiasi elektromagnetik.

Kata kunci: Literasi Sains, Pembelajaran Kooperatif tipe GI


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v7i1.8570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.