Penggunaan Visual Aids Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan Pada Peserta Didik Kelas X MIPA 1 Lintas Minat SMA Negeri 2 Semarang Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah penggunaan visual aids dapat meningkatkan kemampuan menulis teks iklan pada peserta didik kelas X MIPA 1 lintas minat di SMA Negeri 2 Semarang. (2) menggambarkan persepsi peserta didik ketika visual aids diterapkan di kelas X MIPA 1 lintas minat di SMA Negeri 2 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Semarang dari bulan Januari sampai Maret 2020. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan visual aids meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris peserta didik. Visual aids dapat menciptakan penguasaan kosakata yang lebih luas, dan kemampuan menyusun tata bahasa yang lebih baik. (2) Persepsi peserta didik selama pembelajaran adalah: 1) keterpusatan pembelajaran pada peserta didik, 2) aktif interaktif dan 3) pembelajaran bahasa inggris menyenangkan dengan media visual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan visual aids dengan mengikuti langkah-langkah yang benar dan dengan beberapa adaptasi dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis iklan dan menciptakan persepsi yang baik dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci: Visual Aids, Keterampilan Menulis, Teks iklan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v7i1.8649
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.