Penerapan Level Of Inquiry (LOI) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup

Moch Ansori

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikir ilmiah siswa dalam pembelajaran.  Level of inquiry (LOI) merupakan model pembelajaran yang menuntut keaktivan dan merangsang siswa berfikir kritis secara menyeluruh nggunakan kombinasi proses berfikir dan menerapkan konsep secara bertahap dalam pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan berfikir ilmiah dalam memahami konsep klasifikasi makhluk hidup pada mata pelajaran biologi. Penerapan LOI  ini menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berfikir siwa dalam menerapkan konsep KD. 3.3 tentang klasifikasi makhluk hidup tersebut. Penelitian pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design dilakukan di kelas X MIPA-8 SMA Negeri 2 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berfikir ilmiah siswa dengan kategori tinggi (N-Gain 74,46).

Kata Kunci: Penerapan LOI, Kemampuan Berfikir Ilmiah, Klasifikasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v7i1.8713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

       

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.