Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam penyelesaian soal segiempat ditinjau dari gaya kognitif

Tika Ariesawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis iswa SMP dalam penyelesaian soal segiempat ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu 3 siswa dengan gaya kognitif field dependent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dari  kelas VII B SMP PGRI 3 Kepil. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Instrumen yang peneliti gunakan yaitu tes GEFT (Group Embassed Figure Test), tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa gaya kognitif field dependent mampu memenuhi indikator visual dari soal nomor 1, Pada soal nomor 2 siswa gaya kognitif field dependent mampu memenuhi semua indikator namun kurang sempurna untuk S1, siswa gaya kognitif field dependent hanya memenuhi indikator ekspresi matematis untuk S2, siswa gaya kognitif field dependent tidak mampu memenuhi indikator ekspresi matematis ataupun persamaan matematis untuk S3.. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent mampu memenuhi indikator visual pada soal nomor 1. Pada soal nomor 2, siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi indikator ekspresi matematis untuk S4, siswa gaya kognitif field independent mampu memenuhi indicator ekspresi matematis dan persamaan matematis kurang sempurna karena hasil akhir kurang tepat.

Kata Kunci: Representasi, field dependent, field independent


Full Text:

PDF

References


Chrysostomou, M., Tsingi, C., Cleanthous, E., & Pitta, D. 2011. Cognitive style andtheir relation to number sense and algebraic reasoning. Departement of education: University of Cyprus

Hudiono, B. 2010. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Kependidikan. Volume. 8, No. 2.

Lestari, E. K., & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Park, O. C. 1996. Adaptive Instructional Systems Handbook of Research for Educational Communications and Technology. New York: Simon & Schuster Macmillan.

Rahmat

ina, S., Sumarmo, U., & Johar, R. 2014. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, Volume. 1, No. 1.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ulya, H. 2015. Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG. Volume. 1, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.12804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats