Kemampuan spasial siswa setelah belajar geometri deskriptif secara daring

Aan Hendroanto

Abstract


Implementasi pembelajaran daring selama pandemic covid 19 telah berdampak pada perkembangan kemampuan spasial siswa dalam mata kuliah geometri deskriptif. Perkembangan kemampuan spasial siswa terganggu karena pelaksanaan pembelajaran yang secara daring sementara kegiatan praktikum seharusnya dilakukan secara luring. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan spasial mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UAD pada mata kuliah geometri deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek yaitu 24 orang mahasiswa semester 4 peserta mata kuliah geometri deskriptif tahun akademik 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan spasial, serta wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan spasial siswa 67,8 dengan kategori cukup. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan spasial siswa masih kurang dari yang diharapkan yaitu masuk kategori sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Bintoro, H. S., Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, M., & Walid, W. (2021). Penerapan Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Spasial Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 088-092).

Contreras, M. J., Escrig, R., Prieto, G., & Elosúa, M. R. (2018). Spatial Visualization ability improves with and without studying Technical Drawing. Cognitive Processing, 19(3), 387-397.

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 9(1), 48-54.

D Clements. (2003). Geometry and spatial thinking in young children. (New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates)

Hendroanto, A. (2022). Apakah pembelajaran berbasis proyek dapat dilakukan secara daring menggunakan video?. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 56-63.

Hendroanto A, Budayasa I K, Abadi A, van Galen F, & van Eerde H A A,. (2015). Supporting Students’ Spatial Ability in Understanding Three-Dimensional Representations. in Proceeding the Third South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) International Conference, Palembang 124-134.

Hendroanto, A., Fitriyani, H., & Anggoro, R. P. (2019). Level Berpikir Van Hiele Dan Kemampuan Spasial: Apakah Pengaruhnya Terhadap Ketrampilan Hots Mahasiswa?. JIPMat, 4(1)

Hendroanto, A., van Galen, F., Van Eerde, D., Prahmana, R. C. I., Setyawan, F., & Istiandaru, A. (2017). Photography activities for developing students’ spatial orientation and spatial visualization. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 943, No. 1, p. 012029). IOP Publishing.

Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12.

Nurkholis, I. (2022). Analisis Kelebihan dan Kekurangan dalam Pembelajaran Daring di SDN Pesanggrahan 01 Kota Batu Malang. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 143-148.

Patimah, E., & Sumartini, S. (2022). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring: Literature Review. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 993-1005.

Parangin-angin, D. S., & Khayroiyah, S. (2021). Analisis kemampuan spasial visualization siswa pada materi geometri transformasi menggunakan aplikasi zoom di sma persiapan stabat tp 2020/2021. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2).

Pastel, S., Chen, C. H., Bürger, D., Naujoks, M., Martin, L. F., Petri, K., & Witte, K. (2021). Spatial orientation in virtual environment compared to real-world. Journal of Motor Behavior, 53(6), 693-706.

Sirri, E. L., Ni'mah, K., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring. JIPMat, 6(1), 34-42.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64.

Tahar, I., & Enceng, E. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101.

Van Galen, F., & van Eerde, D. (2018). Mathematical Investigations For Primary School. Utrecht: Utrecht University.

Wijaksana, A. H., & Rosjanuardi, R. (2021). Kesalahan Konsep Descriptive Geometry Mahasiswa terhadap Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Elemen, 7(1), 180-194.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun kemandirian belajar mahasiswa melalui Blended Learning di masa pandemi covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142-149.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.14027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats