ANALISIS KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH DITINJAU PERBEDAAN GENDER

Budi Cahyono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah  ditinjau dari perbedaan gender.Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam penelitian ini menggunakankriteria dari Ennisyang terdiri dari Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview.Penelitian ini menunjukkan perbedaan gender secara signifikan mempengaruhi caradan kemampuan berfikir kritis mahasiswa. Studi ini memberikan informasi bahwa perempuan lebih baik dari laki-lakidalam hal ketrampilan berfikir kritis danterdapat perbedaan dalam prosesnya.Hasil penelitian ini menambah  pengetahuan tentang berpikir kritis pada pendidikan tinggi dan berguna bagi para praktisi pendidikan dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis.

Kata kunci: Ketrampilan berfikir kritis,  gender


Full Text:

PDF

References


Mitrevski, B. & Zajkov, O (2012).Physics Lab, Critical Thinking And Gender Differences. Macedonian Physics Teacher 48, (2012) p. 13-18 ISSN 0352-0986. http://dfrm.org/documents/macedonian-physics-teacher/t2.pdf.

Servera, M. (1990).L´estil cognitiu reflexivitat-impulsivitat i la seva relació amb variables de rendimient i conducta a l´infant. [The cognitive style reflection-impulsivity and its relationship to the variables of academic performance and behavior in children].Unpublished M.A. thesis.Universidad de las Islas Baleares, Palma, Spain.

Ricketts, J.C., Rudd. R. (2004).Critical Thinking Skills of FFA Leaders.Journal of Southern Agricultural education Research 7.54, (1), 2004.(Online). http://www.jsaer.org/pdf/Vol54/54-01-007.pdf.

Rudd, R., Baker, M., Hover, T. (2000). Undergraduate Agriculture Student Learning Styles And Critical Thinking Abilities: Is There A Relationship? .Journal of Agricultural Education.Vol. 41 Issue 3, 2000

Yousefi, Soraya & Mohammadi, Mojtaba (2016). Critical Thinking and Reading Comprehension among Postgraduate Students: The Case of Gender and Language Proficiency Level. Journal of Language Teaching and Research, Vol. 7, No. 4, pp. 802-807, July 2016. DOI: http://dx.doi.org/10.17507/jltr.0704.23

Zare, P. & Othman, M. ( 2015). Students’ Perceptions toward Using Classroom Debate to Develop Critical Thinking and Oral Communication Ability.Asian Social Science; Vol. 11, No. 9; 2015. Tersedia online: http://dx.doi.org/10.5539/ass.v11n9p158.

Zhu, Z. (2007). Gender differences in mathematical problem solving patterns: a review of literature. International Education Journal, 8(2), 187-203.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats