Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Metode Peramalan

Gusmi Kholijah, Corry Sormin, Gusmanely Z

Abstract


Pendidikan tinggi memiliki tujuan terhadap capaian kualitas lulusan mahasiswa dalam bentuk sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan. Pencapaian kualitas lulusan direalisasikan dalam mata kuliah yang diajarkan dalam perkuliahan yang dilaksanakan. Salah satunya dengan mengembangkan capaian pembelajaran mata kuliah melalui penelitian terhadap pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan harus menumbuhkan skill mahasiswa, sehingga pembelajaran yang diadakan berbasis kepada proyek. Pembelajaran dilakukan dengan proyek pada mata kuliah metode peramalan. Metode Peramalan memiliki capaian mata kuliah berupa keahlian dalam analisis data. Mata kuliah ini dapat dikerjakan dalam bentuk proyek pada topik analisis regresi sederhana, regresi berganda dan regresi dummy. Pelaksanaan proyek dikerjakan oleh mahasiswa dalam skema team-based yang dilaksanakan dalam bentuk tim. Kemudian mata kuliah ini juga dilaksanakan dalam bentuk penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk Capaian Pembelajaran Mata Kuliah, Silabus dan Kontrak Perkuliahan, Rencana Pembelajaran Semester, Rencana Tugas Project Mahasiswa atau Lembar Kerja Project Mahasiswa, Lembar Penilaian Hasil Belajar sesuai dengan model pembelajaran berbasis proyek, soal ujian serta rubrik penilaian yang telah di-review. Kemudian hasil evaluasi melalui indikator motivasi belajar dan indikator aktivitas belajar mahasiswa diperoleh bahwa persepsi yang baik terhadap kegiatan model pembelajaran Metode Peramalan menggunakan projek. Hasil angket persepsi tersebut dianalisis dengan uji reliabilitas, didapatkan nilai cronbach’s alpha sebesar 0,799. Nilai ini mengartikan bahwa reliabilitas mata kuliah metode peramalan tinggi. Hal ini menyampaikan bahwa angket persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah metode peramalan tinggi.


Full Text:

PDF

References


Agustin, N., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2016). Pengembangan Bahan Pembelajaran IPA Berbasis Biotechnopreneurship untuk Melatih Life Skills Siswa SMP. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 4(1), 1–12. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/

Ali, N., Yuniastuti, E., Pinem, M., Berutu, N., Rahmadi, M. T., Maulia, T., Ginting, M. R. P., & Saqina, D. (2022). Analisis Penerapan Case Method dan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 10(2), 137–143. https://doi.org/10.31289/publika.v10i2.8348

Arikunto. (2006a). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006b). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Rineka Cipta.

Gomez-del Rio, T., & Rodriguez, J. (2022). Design and assessment of a project-based learning in a laboratory for integrating knowledge and improving engineering design skills. Education for Chemical Engineers, 40, 17–28. https://doi.org/10.1016/j.ece.2022.04.002

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. KEMENDIKBUD. www.peraturan.go.id

Moure Abelenda, A., Aiouache, F., & Moreno-Mediavilla, D. (2023). Adapted business model canvas template and primary market research for project-based learning on management of slurry. Environmental Technology & Innovation, 30, 103106. https://doi.org/10.1016/j.eti.2023.103106

Pangaribuan, T., Hasni, U., & Yusra, A. (2022). PENGARUH METODE TIME BASED PROJECT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i1.9764

Rahayu, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 11–26.

Riyaningrum, W., Isnaeni, N., & Rosa, E. M. (2021). Pentingnya Team Based Learning (TBL) pada Mahasiswa Keperawatan untuk Meningkatkan Kerjasama Tim: a Literature Review. Nursing Science Journal (NSJ), 2(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.53510/nsj.v2i1.51

Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 245–251. https://doi.org/10.30653/003.202172.196

Sari, A. Y., & Astuti, R. D. (2017). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning untuk Anak Usia Dini. Jurnal Motoric (Media of Teaching-Oriented Children, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Steffen, T., Fly, A., & Stobart, R. (2022). Project-Based Learning for Control of Hybrid Powertrains using a Simulation Model. IFAC-PapersOnLine, 55(17), 25–30. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2022.09.220

Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wena, M. (2012). Strategi Pembelajara Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats