Deskripsi kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif

Risma Taniati Ningsih, Lukmanul Akhsani

Abstract


Kemampuan representasi matematis dibutuhkan siswa guna memperoleh gagasan matematis dari sesuatu yang abstrak ke konkret. Kemampuan representasi matematis memiliki hubungan yang erat dengan gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII yang ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP N 1 Buayan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Siswa dikelompokkan ke dalam empat gaya kognitif yaitu reflektif, impulsif, cepat akurat, dan lambat tidak akurat, kemudian dipilih 3 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 3 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Pengumpulan data menggunakan angket, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa bergaya kognitif reflektif sudah mampu menguasai indikator kemampuan representasi visual dan simbolik dengan baik, juga telah mampu menggunakan teks tertulis atau kata-kata untuk menjawab soal, namun belum mampu menuliskan urutan langkah-langkah menemukan solusi dari permasalahan dengan kata-kata dengan baik; (2) Siswa bergaya kognitif impulsif sudah mampu menguasai indikator kemampuan representasi visual dan verbal dengan baik, juga telah mampu memanfaatkan simbol, namun belum mampu menyusun suatu model matematis dalam proses penyelesaian masalah dengan baik.

Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis; Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif


Full Text:

PDF

References


Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf

Farahhadi, S. D., & Wardono, W. (2019). Representasi Matematis dalam Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 606–610. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29071

Lette, I. & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569–575. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n3.p569-575

Muniri, M., & Yulistiyah, E. (2022). Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Implusif. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 201–210. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1810

Ni’mah, A., & Masrukan. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII pada PBL-Bertema dengan Asesmen Otentik Ditinjau dari Gaya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 405–417. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37632

Pagiling, S. L. (2019). Representasi Siswa Yang Bergaya Kognitif Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan. Musamus Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35724/mjme.v2i1.1964

Rozencwajg, P., & Corroyer, D. (2005). Cognitive processes in the reflective-impulsive cognitive style. Journal of Genetic Psychology, 166(4), 451–463. https://doi.org/10.3200/GNTP.166.4.451-466

Ruamba, M. Y., Mariani, S., Negeri, U., & Semarang, S. (2022). Studi Literatur Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. 9(2), 97–106. https://doi.org/10.25157/wa.v9i2.7866

Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 72–87. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.72-87

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving: A case study with optimization problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(17), 279–308.

Wahyudin. (2012). Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika (Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional) (Penerbit Mandiri (ed.)).

Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dan Reflektif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Program Pascasarjana UNESA.

Warli. (2013). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20(2), 190–210. https://media.neliti.com/media/publications/118711-ID-kreativitas-siswa-smp-yang-bergaya-kogni.pdf




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i3.17324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats