Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory Materi Kerucut Berkonteks Tradisi Sesaji Rewanda Menggunakan PMRI Berbantuan Adobe Animate
Abstract
Geometri menjadi salah satu materi yang cukup sulit bagi siswa khususnya kerucut. Pembelajaran yang menekankan hafalan rumus tanpa mengetahui konsep sehingga mengakibatkan siswa kesulitan memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain lintasan belajar siswa melalui konteks Tradisi Sesaji Rewanda pada materi kerucut berbasis PMRI dengan aplikasi media pembelajaran berbantuan Adobe Animate. Metodologi yang digunakan adalah design research dengan mengacu pada 3 tahapan yang dikembangkan oleh Gravemeijer & Cobb (2006) yaitu preliminary design, design experiment, dan retrospective analysis. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IX SMP N di Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar pada tradisi Sesaji Rewanda mampu meningkatkan antusias siswa dalam belajar matematika. Kegiatan yang dirancang dalam penelitian ini dapat meningkatkan antusiasme serta pemahaman siswa terhadap materi kerucut. Penggunaan apilkasi Adobe Animate mempunyai peran yang signifikan dalam mendorong pemahaman siswa. Selanjutnya, hipotesis lintasan belajar kerucut yang dihasilkan pada penelitian ini dapat dilaksanakan pada tahap eksperimen dengan melibatkan seluruh siswa di kelas untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan membantu siswa dalam pembelajaran yang bermakna.
Kata kunci: Adobe animate, desain research, kerucut, PMRI, sesaji rewanda
Full Text:
PDFReferences
Adiwinata, R., Masykur, R., & Putra, R. W. Y. (2018). Learning Obstacle untuk Siswa SMP Materi Tabung dan Kerucut. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 507–513).
Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain Soal Berbasis Masalah untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Calon Guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 239–250. Retrieved from https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.649
Alfiyanti, N., & Lestari, P. (2022). Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kandri Kecamatan Gunungpati Sebagai Alternatif Sumber Belajar Ips Di Smp Negeri 22 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(1), 15–20. Retrieved from https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i1.53155
Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Persamaan Lingkaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099. Retrieved from https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3123
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781
Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12. Retrieved from https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.202
Edo, S. I. (2017). Lintasan Pembelajaran Pecahan Menggunakan Matematika Realistik Konteks Permainan Tradisional Siki Doka. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6.
Fahrurozi, A., Maesaroh, S., Suwanto, I., & Nursyahidah, F. (2018). Developing Learning Trajectory Based Instruction of the Congruence for Ninth Grade Using Central Java Historical Building, 3(2), 78–85.
Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO. Retrieved from http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Hamdunah. (2016). Development a Constructivist Module and Web on. Journal on Mathematic Education, 7(2), 109–116.
Hamidah, D., Ilma, R., & Putri, I. (2017). Eksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP, 1(1), 1–10.
Hayuhantika, D., & Rahayu, D. S. (2019). Eksplorasi Ide-Ide Matematika Pada Kesenian Reyog Tulungagung. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 1–14. Retrieved from https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.545
Kurniawati, D. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika, 3(2), 107–114. Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1892
Lestari, A. A. P., Nugroho, A. A., & Nursyahidah, F. (2021). Desain Pembelajaran Refleksi dan Translasi Berkonteks Klenteng Sam Poo Kong Semarang. Jurnal Elemen, 7(2), 381–393. Retrieved from https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3400
Lisnani, L., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359–370. Retrieved from https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.754
Maisyarah, S., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pembelajaran Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Elemen, 6(1), 68–88. Retrieved from https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1713
Muhtadi, D., & Rochmad, R. (2021). Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang - Malam menurut Tradisi Sunda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 263–274. Retrieved from https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1221
Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2021). Learning Design on Surface Area and Volume of Cylinder Using Indonesian Ethno-mathematics of Traditional Cookie maker Assisted by GeoGebra, 13(4).
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan Learning Trajectory Based Instruction Materi Kerucut Menggunakan Konteks Megono Gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47–58. Retrieved from https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.560
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Rubowo, M. R. (2018). A Secondary Student’s Problem Solving Ability in Learning Based on Realistic Mathematics with Ethnomathematics. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 13. Retrieved from https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i1.5607
Putrawangsa, P. S. (2018). Desain Pembelajaran:Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran.
Rahmadona, F., Indrayati, H., & Widyaningrum, I. (2019). Efektivitas Pendekatan PMRI dengan Konteks Nasi Tumpeng pada Materi Volume Kerucut di Kelas IX, 01(02), 93–102.
Rahmasantika, D., Charitas, R., & Prahmana, I. (2022). Math E-Comic Cerita Rakyat Joko Kendil dan Si Gundul untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tunarungu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 787-805. Retrieved from https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4971
Rawani, D., Octaria, D., & Tridinanti, U. (2023). Pembelajaran Sudut melalui Tarian Kreasi Sumatera Selatan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SMP, 6(1), 1–10.
Rosa, M., & Orey, D. (2016). Humanizing Mathematics through Ethnomodelling. Journal of Humanistic Mathematics, 6(2), 3–22. Retrieved from https://doi.org/10.5642/jhummath.201602.03
Setyaningrum, D. U., & Mampouw, H. L. (2020). Proses Metakognisi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 275–286. Retrieved from https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.663
Sholikhah, A., & Ratu, N. (2022). Pengembangan Media Operasi Bentuk Aljabar “ OPERAL ” Berbasis Adobe Animate CC Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(September).
Sulastri, W., & Wulantina, E. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mathema Journal E-Issn, 5(2), 207.
Tan, N. J. (1994). Analysis of elementary geometry teaching materials.
Widyawati, W., Indra Putri, R. I., & Somakim, U. (2016). Desain Pembelajaran Sudut Menggunakan Konteks Rumah Limas Di Kelas Vii. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 437. Retrieved from https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3489
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.18630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika