To make it easier to verify articles, prospective authors are requested to attach a cellphone number or contact our admin number when creating an account.
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa SMP N 3 Wates dengan menerapkan model pembelajaran Knisley. Penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 3 Wates yang berjumlah 34 siswa. Obyek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika dengan model Knisley. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket respon siswa, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis data kuantitatif
Penelitian dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII A SMP N 3 Wates dilakukan dengan menerapkan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran knisley yaitu: Kongkrit-Reflektif (guru bertindak sebagai pencerita), Kongkrit-Aktif (guru bertindak sebagai pembimbing dan motivator), Abstrak–Reflektif (guru bertindak sebagai narasumber), Abstrak–Aktif (guru bertindak sebagai pelatih). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh diketahui kemampuan komunikasi matematika siswa pra tindakan masih dalam kategiri kurang kemudian meningkat pada kategori baik pada siklus I dan semakin meningkat dan masuk dalam kategori sangat baik pada siklus II. Kegiatan pelaksanaan model pembelajaran Knisley pada siklus I sudah terlaksana dengan baik dan meningkat menjadi sangat baik pada siklus II. Respon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran Knisley ini baik.
Kata kunci: model Knisley, kemampuan komunikasi matematika
Ahmad Susanto. 2013. TeoriBelajar danPembelajaran di Sekolah Dasar,Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SMP/MTts. Pdf. Jakarta
Jihad, Asep. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Knisley, Jeff. A Four stage model of matematical learning. Diakses dari httpcitedeerx.ist.psu.eduviewdocdownloaddoi=10.1.1.324.522&rep1&type=pdf
Tanthowi, Muhammad. 2012. Manusia dan Pendidikan Dalam Pembangunan. Diakses dari https://superthowi.wordpress.com/2012/08/14/peranan-manusia-dan-pendidikan-dalam-pembangunan-2/
Saul McLeod. Kolb Learning Styles. Diakses dari https://simplypsychology.org/learning-kolb.html