Validasi LKPD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matamatis siswa kelas X materi statistika

Armela Rizky Nurhidayah, Dian Nataria Oktaviani, Isnani Isnani, Indah Nurbaeti

Abstract


Kemamapuan pemecahan masalah pada siswa kelas X di SMA Al- Irsyad Tegal masih rendah dan belum adanya LKPD yang digunakan dalam pembelajaran salah satunya pada materi statistika. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan LKPD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika kelas X. Penelitian ini menggunakan Research Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan dan analisis data pada penelitian ini yaitu angket validasi. Angket validasi digunakan untuk mengukur kevalidan dari LKPD yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh tim validator dengan empat dosen ahli dan dua guru matematika. Tim validator mengisi kolom yang disediakan pada lembar validasi. Dalam menentukan validasi menggunakan skala likert dengan rentang sangat baik skor 4, baik skor 3, kurang baik skor 2 dan sangat kurang skor 1. Kevalidan LKPD dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 4 untuk setiap pernyataan. Kemudian menghitung skor total dari tiap validator dan skor rata-rata dari seluruh validator. Selanjutnya dilakukan pengkategorian validasi untuk menentukan kevalidan LKPD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian LKPD dari empat dosen dan dua guru matematika sebesar 3,88 dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: validasi LKPD; kemampuan pemecahan masalah; statistika


Full Text:

PDF

References


Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(63).

Attri, R. (2018). Accelerating Complex Problem-solving Skills: Problem-centered Training Design Methods. Speed To Proficiency Research: S2Pro.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. doi: 10.20527/EDUMAT.V2I1.603

James, T. (2024). Development brings our plan to life. We create the materials, develop the content, and prepare the resources. https://www.continu.com/blog/addie-model-of-instructional-design

Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 33/H/KR Tahun 2022.

Kirana, S., & Nazihah. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kelas VIII Bercirikan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Mareri Statistika” . Pi:Mathematic Education Journal, 1(3), 127–133. doi: 10 .21067/pmej.v1i3.2786

Mulyono, Isnani, & Susongko. (2018) Pengaruh Minat Belajar dan Kemampuan Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Penalaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMP, 2(1).

Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52-54.

Najuah N, Sidiq R, & Lukitoyo P.S. (2021). The Development Electronic Module of History using ADDIE Model. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(6), 1658–1663. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i6.168

Priatna N, Sispiyati R, Lorenzia S. A. (2019). Validation of Mathematical Teaching Material’s Developed by Project-based Learning Integrated STEM. Journal of Physic: Conference Series, 1280(4). doi: 10.1088/1742-6596/1280/4/042045

Putra, dkk. (2018). Validitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika (Vol 1). doi: 10.32939/ejrpm.v1i2.302

Putri E Y, Suryani M, & Yunita A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Statistika di SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. PHI Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 171. doi: 10.33087/phi.v7i2.313

Putri V. M, & Risda A . (2023). Integrated Thematic E-LKPD with RADEC- Based Neapod in Grade V Elementary School. International Journal of Elementary Education, 7(2), 204–211. doi: 10.23887/ijee.v7i2.61224

Riadi, M. (2022). Lembar Kerja Siswa (LKPD) - KajianPustaka. Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2022/04/lembar-kerja-peserta-didik-lkpd.html

Right, J. (2018). The Importance of Learning Materials in Teaching. https://www.theclassroom.com/importance-learning-materials-teaching-6628852.html

Sholikhakh, R. A., Lestiana, H. T., & Oktaviani, D. N. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pada Matakuliah Struktur Aljabar. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 5, pp. 237-245). Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Diakses dari https://repository.upstegal.ac.id/1331/1/Prosiding%20P.%20Mat%202017.pdf

Sihotang, V. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP.

Stapa, M. A., & Mohammad, N. A. Z. E. R. I. (2019). The use of Addie model for designing blended learning application at vocational colleges in Malaysia. Asia-Pacific Journal of Information Technology and Multimedia, 8(1), 49-62.

Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. Prisma. 1: 217-225.

Wandari, A., & Jambi, U. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. (Vol. 1, Nomor 2). doi: 10.32939/ejrpm.v1i2.232

Widiyoko Eko Putro. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik . Pustaka Belajar.

Widyastuti, E. (2019, March). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Winarti Desi, J. Y. S. D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pecahan Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6. doi: 10.26418/jppk.v6i6.20462

Yeh, H. C., & Tseng, S. S. (2019). Using the ADDIE model to nurture the development of teachers’ CALL professional knowledge. Journal of Educational Technology & Society, 22(3), 88-100.

Zuhdan Kun Prasetyo. (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menerapkan Konsep Ilmiah Siswa SMP. https://drpm.uny.ac.id/sites/drpm.uny.ac.id/files/Zuhdan%20Kun%20Prasetyo_PPM_UNG.pdf




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i2.19857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats