Peningkatan kemampuan komunikasi matematis tertulis melalui pendekatan Saintifik pada materi trigonometri bagi Siswa Kelas X MAN 1 Flores Timur
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa melalui pendekatan saintifik. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA1 MAN Flores Timur berjumlah 32 siswa terdiri dari 13 laki-laki dan 19 perempuan. Pengumpulan data saat penelitian dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematika melalui pendekatan saintifik dengan indikator 1) Menyatakan ide matematis melalui tulisan, gambar, grafik atau tabel sebelum 18,75% sesudah 87,5%, 2) Memahami, menafsirkan dan mengevaluasi ide-ide matematis yang disajikan secara tertulis sebelum 28,125% sesudah 84,375%, 3) Menghubungkan berbagai ide matematis yang disajikan secara tertulis menggunakan istilah-istilah atau symbol matematika secara tepat untuk menyelesaikan permasalahan matematika dengan langkah-langkah yang terstruktur sebelum 6,25% dan sesudah 75%. Dari tiap indikator terdapat peningkatan komunikasi matematika siswa dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas X MIA1 MAN Flores Timur.
Kata kunci: komunikasi matematis, komunikasi matematis tertulis; pendekatan saintifik; perbandingan trigonometri
Abstract
The study aims to improve students’ written mathematical communication skills through a scientific approach. Classroom action was carried out in two cycles. The subjects of this study were students of class X MIA1 MAN Flores Timur, totaling 32 students consisting of 13 men and 19 women. Data collection methods when research using observations, field notes, and documentation. Data analysis techniques used by researchers are data reduction, data presentation, and concluding. The result showed an increase in mathematical communication through a scientific approach with indicators 1) Express mathematical ideas through writing, pictures, graphics or tables before 18.75% after 87.5%, 2) understanding, interpreting and evaluation mathematical ideas presented in the text previously 28.125% and after 84.375%, 3) connection mathematical ideas presented in writing using mathematical terms or symbols appropriately to solve the mathematical problem with structured steps before 6.25% after 75%. From each indicator, there is an increase in students’ mathematical communication with a scientific approach for students of class X MIA1 MAN Flores Timur.
Keywords: mathematical communication; written mathematical communication; scientific approach; trigonometric comparisonFull Text:
PDFReferences
Ardina, Fimmatur Rizka. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa.” Thesis, Malang: Universitas Negeri Malang.
As’ari, Abdur Rahman. 2014. “Mewujudkan Pendekatan Saintifik Dalam Kelas Matematika.” In Research Gate, 1–21. https://doi.org/10.13140/2.1.5059.2808.
Deswita, Ria, Y. S. Kusumah, and J. A. Dahlan. 2018. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE Dengan Pendekatan Scientific.” Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1 (1): 35–43. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220.
Hodiyanto. 2017. “Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika.” AdMathEdu 7 (1): 9–18.
Lazim, M. 2013. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013.” SCRIBD. https://id.scribd.com/document/237906584/Penerapan-Pendekatan-Saintifik-Dalam-Pembelajaran-Kurikulum-2013.
Linn, Louise. 2004. “Using Journal Writing To Explore “They Communicate to Learn Mathematics and They Learn to Communicate Mathematically.”
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. US: National Council Of Teacher Of Mathematics. US: National Council Of Teacher Of Mathematics.
Qalbimina, Iqbal. 2015. “Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang Pada Materi Parabola.” Thesis, Malang: Universitas Negeri Malang.
Ranti, Mayang Gadih. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mneggunakan Strategi Writing to Learn Pada Siswa SMP.” Thesis, Malang: Universitas Negeri Malang.
Saptika, Y. A., F. Rosdiana, and R. Sariningsi. 2018. “Analisis Kesalahan Siswa Dalm Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Datar.” JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1 (5): 873–80.
Sugiarta, I Wayan. 2015. “Diagnosis Kesulitan Siswa Kelas XI Teknik Komputer Dan Jaringan SMK N 1 Malang Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Trigonometri Dan Upaya Mengatasinya Dengan Scaffolding.” Thesis, Malang: Universitas Negeri Malang.
Sumarno, U, and H Hendriana. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori Dan Praktek Dalam PTK, PTS Dan PTBK. Surakarta: CV. Citra Mandiri UTama.
Tanjung, Henra Saputra. 2017. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Matematis Siswa Sma Melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. Maju. Vol. 4.” Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 4 (2): 42–54.
Walle, Jhon Van De. 2008. Elemementary and Midle Math School. United States of America: Pearso. United States of America: Pearso.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.5999
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika