Proses berpikir fungsional siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika

Eny Suryowati

Abstract


Berpikir fungsional pada penelitian ini merupakan generalisasi dari suatu hubungan antara beberapa variabel. Proses berpikir fungsional pada penelitian ini menggunakan tahapan berpikir dalam menyelesaikan soal atau masalah matematika yang terdiri dari tahap entry, attack dan review. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui pemberian soal matematika dan wawancara. Soal matematika tersebut dikerjakan secara think aloud. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal matematika tentang pola dan pedoman wawancara. Sebanyak 20 siswa SMP kelas VII diberi soal matematika dan dua siswa dipilih untuk dianalisis proses berpikir fungsionalnya. Proses berpikir subjek pertama dan kedua memperoleh informasi yang terdapat pada soal, ini merupakan tahap entry. Pada tahap attack, subjek pertama membuat strategi dengan membuat tabel tentang banyak meja dan banyak orang yang bisa menempatinya lalu menemukan keteraturan pola. Subjek kedua mencari kesamaan cara untuk menghitung banyaknya orang yang bisa menempati meja pada setiap model (meja dan banyak orang yang menempati) yang terdapat pada soal. Pada tahap review, subjek pertama memperluas keteraturan pola dan subjek 2 memperluas kesamaan cara untuk menghitung banyak orang yang menempati meja. Proses berpikir subjek pertama secara parsial, mengamati keteraturan pola pada setiap bagian. Sedangkan proses berpikir subjek kedua secara induktif, cara yang berlaku disetiap model diperluas sesuai yang ditanyakan pada soal.


Full Text:

PDF

References


Blanton, M, Levi, L., Crites, T., & Dougherty, B. (2011). Developing Essential Understanding of Algebraic Thinking for Teaching Mathematics in Grades 3-5. Reston, VA: NCTM.

Carraher, D.W., Martines, M.V., & Schliemann, A.D. (2008). Early Algebra and Mathematical Generalization. ZDM Mathematics Education, 40, 3–22.

Creswell, J. (2010). Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. California: Saga Publication.

Mason, J., Stacey, K., & Burton, L. (2010). Thinking Mathematically. Edinburgh: Pearson.

Smith, E. (2003). Representational Thinking as A Framework for Introducing Functions in The Elementary Curriculum. In The Development of Algebraic Reasoning in The Context of Elementary Mathematics.

Warren, E., & Cooper, T. (2005). Introducing Functional Thinking in year 2: A Case Study of Early Algebra Teaching. Contemporary Issues in Early Childhood, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats