PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP BELA NEGARA SISWA SMP NEGERI 14 SEMARANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aryaguna, A. (2023). Pemanfaatan beragam sumber belajar dalam pembelajaran PPKn pada implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Yogyakarta. JJurnal Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 12(4), 415–420.
Atika, I Made Sudana, & Basyirun. (2017). Analisis Kesenjangan Pelaksanaan Standar Proses pada Pembelajaran Produktif di SMK. Journal of Vocational and Career Education, 2(1), 9–14. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/jvce
Aprima, D & Sasmita S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101
Heppy Puspitasari. (2018). Standar Proses Pembelajaran Sebagai Sistem Penjamin Mutu Internal Di Sekolah. Muslim Haritage: Jurnal Dialog Islam Dengan Realitas, 1(2), 339–368. https://doi.org/10.21154/muslimher itage.v2i2.1115
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pembelajaran Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/H/KR/2022. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Mengah Pada Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id
Peraturan Kementerian Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Repubik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021. (2021). Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Repubik Indonesia Noimor 16 Tahun 2022. (2022). Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Mengah (datadikdasmen.com).
Putri Jannati, Faisal Arief Ramadhan, & Muhamad Agung Rohumawan. (2023). Peran guru dalam implmentasi kurkulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345.
Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum Merdeka PPKn: Dari Rentjana
Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. Jurnal Pemikiran Dna Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63–82.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sugiyono, Ed.; 2021th ed.). Alfabeta,cv.
DOI: https://doi.org/10.26877/civis.v13i2.17601
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)