PENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PRAKTIK BELAJAR KEWARGANEGARAAN (PROJECT CITIZEN)
Abstract
Penelitian dengan tema Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Praktik
Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen) ini dilatarbelakangi adanya kenyataannya bahwa masalah yang
dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Rumusan masalah penelitian ini adalah ?óÔé¼?ôApakah dengan Praktik Belajar
Kewarganegaraan (Project Citizen), dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan??óÔé¼?Ø.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan Project Citizen, dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 3
Semarang, dengan variabel input: kualitas pembelajaran sebelum menggunakan model Project Citizen; variabel
proses: kegiatan penerapan model Project Citizen; dan variabel output: kualitas setelah menggunakan model
pembelajaran Project Citizen. Metode pengumpulan data : observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data
dengan pendekatan kualitatif dan teknik deskriptif prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Citizen dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran PKn di Kelas VIII D SMP Negeri 3 Semarang. Kualitas pembelajaran PKn sebelum penggunaan
model pembelajaran Project Citizen yaitu 52 % (kurang baik), namun setelah penggunaan model pembelajaran
Project Citizen meningkat menjadi 81 % (sangat baik). Kesimpulan dengan menggunakan model pembelajaran
Project Citizen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 3 Semarang dengan rata-rata
peningkatan kualitas pembelajaran sebesar 29 %, namun masih ada kendala dan hambatan antara lain
keterbatasan waktu, minimnya biaya serta keterbatasan tenaga pengajar dan siswa. Saran untuk guru PKn SMP
Negeri 3 Semarang hendaknya menerapkan model pembelajaran Project Citizen dengan memperhatikan dan
menyesuaikan kondisi, sarana prasarana dan fasilitas yang ada, serta diharapkan mampu memberi solusi dalam
mengatasi kekurangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, Project Citizen
Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen) ini dilatarbelakangi adanya kenyataannya bahwa masalah yang
dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Rumusan masalah penelitian ini adalah ?óÔé¼?ôApakah dengan Praktik Belajar
Kewarganegaraan (Project Citizen), dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan??óÔé¼?Ø.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan Project Citizen, dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 3
Semarang, dengan variabel input: kualitas pembelajaran sebelum menggunakan model Project Citizen; variabel
proses: kegiatan penerapan model Project Citizen; dan variabel output: kualitas setelah menggunakan model
pembelajaran Project Citizen. Metode pengumpulan data : observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data
dengan pendekatan kualitatif dan teknik deskriptif prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Citizen dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran PKn di Kelas VIII D SMP Negeri 3 Semarang. Kualitas pembelajaran PKn sebelum penggunaan
model pembelajaran Project Citizen yaitu 52 % (kurang baik), namun setelah penggunaan model pembelajaran
Project Citizen meningkat menjadi 81 % (sangat baik). Kesimpulan dengan menggunakan model pembelajaran
Project Citizen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 3 Semarang dengan rata-rata
peningkatan kualitas pembelajaran sebesar 29 %, namun masih ada kendala dan hambatan antara lain
keterbatasan waktu, minimnya biaya serta keterbatasan tenaga pengajar dan siswa. Saran untuk guru PKn SMP
Negeri 3 Semarang hendaknya menerapkan model pembelajaran Project Citizen dengan memperhatikan dan
menyesuaikan kondisi, sarana prasarana dan fasilitas yang ada, serta diharapkan mampu memberi solusi dalam
mengatasi kekurangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, Project Citizen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/civis.v2i2.459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)