PENGGUNAAN ISU KONTROVERSIAL DALAM KELAS PKn/ SEJARAH DI ERA REFORMASI
Abstract
Kendala umum dalam proses pembelajaran sejarah yang dirasakan para siswa/mahasiswa PKN/Sejarah adalah betapa tidak menariknya proses pembelajaran, sementara pelajaran sejarah sebagai bagian pendidikan IPS maupun IPS amat penting dalam upaya menyiapkan warga negara yang baik Dipandang perlu dilakukan penelitian dengan judul Penggunaan Isu Kontroversial dalam Kelas PKN/Sejarah di Era Reformasi.. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana kepedulian para pengajar sejarah terhadap isu kontroversial. 2) Bagaimana kecenderungan para pengajar sejarah dalam penggunaan isu kontroversial dalam kelas sejarah. 3) Bagaimana resiko penggunaan isu kontroversial dalam kelas sejarah Untuk hal-hal tsb juga tujuan penelitian ini diselenggaraka. Diharapkan hasil penelitian bisa bermanfaat dalam upaya agar pembelajaran sejarah menjadi lebih menarik dan efektif. Untuk penelitian ini data diambil dari pengajar sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Undip, FIS Unnes, serta semua SMA Negeri di kota Semarang, dengan cara mengisi kuesioner/ angket. Analisis data dilakukan secara proporsional .
Hasil kajian menunjukkan informasi berikut. Mengenai respon terhadap isu kontroversial bagian terbesar (69%) pengajar sejarah menaruh perhatian penuh dan mengikuti kelanjutannya. Mengenai kecenderungan menggunakan isu kontroversial dalam kelas dilakukan karena topiknya aktual (34%); menarik (34%); relevan (30%); dan sudah terbiasa (2%). Tentang manfaat penggunaan isu kontroversial dalam kelas dikemukakan karena pembelajaran menjadi lebih kontekstual (33%), berpotensi meningkatkan parstisipasi siswa (19%), pembahasan berpotensi lebih menarik, tidak jenuh (17%), berpotensi pengembangkan semangat toleransi dan saling pengertian (16%), dan berpotensi mengembangkan dialog ( 15%). Mengenai kelemahannyaa dikatakan karena bahan ajar tidak selesai dibahas (29%), membutuhkan pengajar yang gemar mengikuti dialog terbuka (24%), tidak semua warga kelas tertarik (22%) memerlukan kesabaran dan kearifan pengajar (19%).
Kata kunci :pembelajaran sejarah/IPS, isu kontroversial
Hasil kajian menunjukkan informasi berikut. Mengenai respon terhadap isu kontroversial bagian terbesar (69%) pengajar sejarah menaruh perhatian penuh dan mengikuti kelanjutannya. Mengenai kecenderungan menggunakan isu kontroversial dalam kelas dilakukan karena topiknya aktual (34%); menarik (34%); relevan (30%); dan sudah terbiasa (2%). Tentang manfaat penggunaan isu kontroversial dalam kelas dikemukakan karena pembelajaran menjadi lebih kontekstual (33%), berpotensi meningkatkan parstisipasi siswa (19%), pembahasan berpotensi lebih menarik, tidak jenuh (17%), berpotensi pengembangkan semangat toleransi dan saling pengertian (16%), dan berpotensi mengembangkan dialog ( 15%). Mengenai kelemahannyaa dikatakan karena bahan ajar tidak selesai dibahas (29%), membutuhkan pengajar yang gemar mengikuti dialog terbuka (24%), tidak semua warga kelas tertarik (22%) memerlukan kesabaran dan kearifan pengajar (19%).
Kata kunci :pembelajaran sejarah/IPS, isu kontroversial
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/civis.v1i2.590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)