PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII SMP NEGERI 39 SEMARANG
Abstract
Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMP Negeri 39 Semarang.Latar belakang dipilihnya judul tersebut bahwa sistem pembelajaran yang ada hanya menekankan pada aspek kognitif sedangkan aspek psikomotor dan afektif masih belum menonjol untuk itu perlu diterapkan pembelajaran kontekstual yang menekankan ketiga aspek tersebut.Permasalahan : Bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMP N 39 Semarang, Tujuan penelitian : untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual oleh guru PKn
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SMP N 39 Semarang. Fokus penelitian adalah 1) penerapan pembelajaran kontekstual yang didalamnya meliputi tujuh komponen utama yaitu kontruktivisme, menemukan ,bertanya, masyarakat belajar ,pemodelan ,refleksi ,penilaian sebenarnya.Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi.Teknik analisis data dengan pengumpulan data,reduksi data,penyajian data kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran PKn kelas VII SMP N 39 Semarang sesuai dengan tujuh komponen pembelajaran kontekstual..Kesimpulan : Penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMP N 39 Semarang telah dilakukan sesuai dengan tujuh komponen pokok pembelajaran kontekstual namun dalam penerapanya masih terdapat hambatan yaitu kurangnya alokasi waktu,keterlambatan peserta didik dalam mengumpulkan tugas,kurangnya sarana dan prasarana,biaya yang mahal dalam penerapan pembelajaran kontekstual.
Kata kunci: pembelajaran kontekstual
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SMP N 39 Semarang. Fokus penelitian adalah 1) penerapan pembelajaran kontekstual yang didalamnya meliputi tujuh komponen utama yaitu kontruktivisme, menemukan ,bertanya, masyarakat belajar ,pemodelan ,refleksi ,penilaian sebenarnya.Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi.Teknik analisis data dengan pengumpulan data,reduksi data,penyajian data kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran PKn kelas VII SMP N 39 Semarang sesuai dengan tujuh komponen pembelajaran kontekstual..Kesimpulan : Penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMP N 39 Semarang telah dilakukan sesuai dengan tujuh komponen pokok pembelajaran kontekstual namun dalam penerapanya masih terdapat hambatan yaitu kurangnya alokasi waktu,keterlambatan peserta didik dalam mengumpulkan tugas,kurangnya sarana dan prasarana,biaya yang mahal dalam penerapan pembelajaran kontekstual.
Kata kunci: pembelajaran kontekstual
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/civis.v4i2.606
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2597-4408 (Online - Elektronik)