Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Video “Flipgrid” untuk Pembelajaran yang Lebih Bermakna

Sri Wahyuni Ratnasari, Siti Sumiati

Abstract


Program Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Video bertujuan untuk memfasilitasi para guru menguasai aplikasi pembelajaran gratis berbasis Video Flipgrid. Kegiatan ini melibatkan guru SD IT Al Mawadah Semarang dimana para guru di sekolah tersebut sudah memulai penggunaan pembelajaran berbasis video tetapi dalam pengelolaannya masih melalui WA Group. Permasalahan yang dihadapi oleh para guru ketika menggunakan metode di atas diantaranya adalah pengelolaan file tugas video siswa yang kurang praktis. Hal ini dikarenakan aplikasi WAG tidak secara khusus didesain untuk mendukung pengelolaan pembelajaran berbasis kelas. Metode yang dilakukan dalam pelatihan ini meliputi penyampaian materi tentang fungsi dan fitur Flipgrid serta contoh pemanfaatannya dalam pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah praktek pembuatan kelas Flipgrid dimana setiap peserta diminta untuk membuat kelas Flipgrid untuk kelas yang diampu. Pelatihan diikuti sejumlah 20 guru SD IT Al Mawaddah dan semua peserta telah terampil membuat kelas Flipgrid untuk masing-masing kelas yang diampu. Para peserta merasakan kelebihan pembelajaran berbasis video dengan memanfaatkan kelas Flipgrid dibandingkan praktek pembelajaran yang selama ini dilakukan. seperti: kemudahan pengelolaan file penugasan video, baik dalam proses pengumpulan maupun penilaian tugas dan lebih menghemat memori Laptop maupun HP. Para peserta memahami pemanfaatan platform Flipgrid dapat meningkatkan keterampilan siswa terutama dalam hal komunikasi/public speaking dan creative thinking.

Keywords


pembelajaran berbasis video; flipgrid; keterampilan digital

Full Text:

PDF

References


Intanuari, A. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, pp. 118–125).

Lowenthal, P. R. & Moore, R. L. (2020). Exploring Student Perceptions of Flipgrid in Online Courses. Online Learning, 24(4), 28–41.

Oktarina, H., Kristiawan, M. & Martha, A. (2021). Teacher Competency Development In The Digital Era. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5149–5155.

Salim, S., Anwar, K. & Kuncoro, A. T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Untuk Mendukung Layanan Pendidikan Daring. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Ma Chung.

Stoszkowski, J. R. (2018). Using Flipgrid to develop social learning. Compass: Journal of Learning and Teaching, 11(2). COMPASS, University of Greenwich.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E. & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178.

Thieman, G. (2008). Using technology as a tool for learning and developing 21st century skills: An examination of technology use by pre-service teachers with their K-12 students. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 8(4), 342–366.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.10940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.