Pelatihan Penggunaan Edpuzzle dalam Pembelajaran di Kelas
Abstract
Persoalan yang ditemukan di SMA Pertiwi 1 Padang adalah kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring. Media pembelajaran yang digunakan secara berulang dalam setiap pembelajaran sehingga menumbuhkan rasa bosan dalam belajar daring. Pembelajaran yang biasanya menggunakan PPT dan dilakukan secara berulang. Hal tersebut memberi dampak pada siswa yang kurang termotivasi dalam membaca materi yang telah diberikan. Oleh karena itu, pembelajaran dengan media variatif perlu dilakukan agar dapat mencegah munculnya rasa bosan dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar jarak jauh. Edpuzzle merupakan salah satu media variatif yang dapat digunakan guru dalam menyajikan materi sekaligus dalam menyiapkan soal latihan atau kuis yang tersaji dalam satu video. Edpuzzle memfasilitasi guru dengan beragam video pembelajaran yang dapat digunakan guru tanpa harus menyiapkan video pembelajaran terlebih dahulu. Guru dapat melakukan latihan atau kuis dalam bentuk video yang akan didesain dalam menit kesekian dari video materi yang ada. Guru juga dapat melakukan penilaian sekaligus dengan memberikan pilihan kunci jawaban dari soal yang diberikan pada video yang akan diedit tersebut. Guru dapat meningkatkan wawasan dan skill dalam penggunaan media variatif dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran yang dilaksanakan dapat lebih variatif, efektif, efisien dan menarik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan tuntas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliah. (2020). Implementation of Edpuzzle to Improve Students’ Analytical Thinking Skill in Narrative Text. Prosodi, 14(1), 35–44.
Qadriani, N. L., Hartati, S., & Dewi, A. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.841
Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group sebagai Alternatif Pembelajaran Daring pada Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 67–72.
Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10. http:jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.12528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.