PPK Ormawa-Pelatihan Budidaya Indigofera dan Manajemen Teknologi Pakan di Desa Sokawera

Agustinah Setyaningrum, Windy Handayani, Maulana Ihsanul Huda, Satya Fatur Zumanto, Embun Putri Roro Arianti, Siti Maryam Ambarani, Femi Rizqi Maniar

Abstract


Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) merupakan salah satu kegiatan yang difokuskan pada pengabdian dan pengembangan potensi masyarakat di daerah yang dijadikan sebagai mitra pengabdian selama jangka waktu tertentu secara berkelanjutan. Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah dipilih menjadi desa sasaran karena memiliki potensi sumberdaya alam dan manusia yang melimpah. Namun potensi tersebut masih kurang dimanfaatkan karena rendahnya minat kaum muda dalam bidang peternakan serta rendahnya pengetahuan peternak dalam pemanfaatan teknologi pada bidang peternakan. PPK Ormawa membentuk Sanggar Ternak Muda “Berdikari” sebagai salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada yakni menjadi tempat atau wadah bagi pemuda dan masyarakat Desa Sokawera untuk belajar mengenai dunia peternakan sehingga terjadi peningkatan sumber daya manusia di Desa Sokawera. Metode yang dilakukan dengan melakukan diskusi, pelatihan dengan sistem ceramah dan praktik, serta melakukan pre-test dan post-test sebagai parameter keberhasilan kuantitatif. Sebanyak 20 orang peserta yang mengikuti pelatihan dijadikan sampel dalam data dengan hasil yang berbeda. Pengujian dilakukan dengan melakukan uji banding ganda atau two sample t-test menghasilkan temuan bahwa analisis perbandingan antara rata-rata data pre-test dan post-test yang mewakilkan pemahaman pengurus sanggar terhadap materi pelatihan adalah berbeda secara signifikan. Kemajuan ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sokawera.

Keywords


sokawera; indigofera; teknologi; pakan; peternakan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, L. (2014). Prospektif Agronomi dan Ekofisiologi Indigofera Zollingeriana sebagai Tanaman Penghasil Hijauan Pakan Berkualitas Tinggi. Pastura, 3(2): 79-83.

Bira, G. F., Tahuk, P. K., & Gumelar, A. I. (2021). Pelatihan Pembuatan Silase Komplit di Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Desa Kuaken Kabupaten TTU-NTT. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 5(2): 69-76.

Fatimah, S., Prasetyaningsih, Y., & Munandar, A. (2014). Efektivitas Ekstrak Daun Katuk (Sauropus androgynus L.) dalam Menghambat Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus Secara In Vitro. Seminar Nasional STIKes Guna Bangsa Yogyakarta, 2(1).

Herdiawan, I., & Krisnan, R. (2014). Produktivitas dan Pemanfaatan Tanaman Leguminosa Pohon Indigofera Zollingeriana pada Lahan Kering. Wartazoa, 24(2): 75-82.

Nopiandari, D., & Handiniati, V. A. (2019). Hubungan Anemia, Kehamilan Ganda, dan Letak Sungsang dengan Kejadian Ketuban Pecah Dini pada Ibu Bersalin di Rumah Sakit Pusri Palembang Tahun 2018. Masker Medika, 7(2): 386-401.

Utari, A. (2018). Pemamfaatan Limbah Kulit Buah Aren sebagai Pupuk Kompos terhadap Evaluasi Nutrisi Silase Rumput Gajah pada Ternak Ruminansia. EKSAKTA Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 3(1), 9-24.

Yuni, A. T., idayat, N. N., & Nurhidayat. (2019). PkM Kelompok Peternak Sapi Perah Desa Kapencar Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo-Jawa Tengah. Jurnal.lppm.unsoed.ac.id. Prosiding, 8(1).




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i4.14049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Barcode ISSN Jurnal E-Dimas:

p-ISSN                               e-ISSN

         

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.