Peningkatan Kompetensi Karyawan Bagian Aplikasi Online untuk Pelaku Bisnis pada UMKM Enak Sehat Jambi

Yenny Yuniarti, Feny Tialonawarmi, Rista Aldilla Syafri, Maulidia Imastary Tan, Adi Ikshan Syukri Amri

Abstract


Kesiapan SDM dalam memenuhi dan menjalankan tuntutan pekerjaan harus diantisipasi oleh para pelaku usaha. Pelaku usaha akan mencapai optimal apabila pelaku usaha tersebut mampu melihat kompetensi karyawan sesuai dengan keahliannya. Kompetensi karyawan dalam menghadapi era digital ini sangat dibutuhkan dalam penerapan aplikasinya, agar setiap tujuan para pelaku usaha dapat tercapai. Salah satu pelaku usaha yang ada di Kota Jambi yang telah mendaftarkan usahanya pada aplikasi online tersebut, yaitu Enak Sehat Jambi. Mengenai hal tersebut yang menjadi permasalahan pada mitra kali ini, yaitu kurangnya pengetahuan dan keterampilan para karyawan dalam mengaplikasikan aplikasi online yang telah mereka gunakan. Sehingga kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan strategi pengembangan SDM dalam menggunakan aplikasi online. Hasil kegiatan PPM ini, yaitu meningkatnya pengetahuan dan keterampilan seluruh karyawan Enak Sehat Jambi terkait aplikasi-aplikasi online, karyawan dapat mengetahui rating dan review dari para pelanggannya terhadap pelayanan yang mereka berikan dengan cara membuka secara langsung aplikasi online tersebut, serta karyawan juga dapat melakukan problem solving ketika terjadinya masalah terkait penggunaan aplikasi-aplikasi online tersebut.


Keywords


kompetensi karyawan; aplikasi online; UMKM

Full Text:

PDF

References


Aini, Heni Nur (2021) Pengaruh E-Service Quality Dan E-Satisfaction Terhadap E-Loyalty Pembeli Makanan Secara Online Di Aplikasi Grab Food Oleh Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya.

Novianti, (2022). Pemanfaatan Aplikasi Pesan Antar Makanan Grab Food Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Soto Kudus di Jakarta. 1(1), 1–4.

Ode, W., Muizu, Z., & Si, M. (2022). Penguatan Kompetensi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kuliner Strengthening Digital Marketing Competencies in Small and Medium-Sized. XI(4).

Soedarsono, N. (2021). Pengaruh Kompetensi, Pelatihan, dan Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan di Tabloid Pulsa. Humanis, 1(2), 755–764.

Tialonawarmi, F., & Olimsar, F. (2022). Pelatihan Aspek Marketing Mix Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Rumarisa Segar Jelly Di Kota Jambi. 4(2).




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.18259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.
 
slot gacor slot