Peningkatan Kualitas Pembelajaran Perkalian dengan Patung Kasep Julang

Juli Juli, Cici Naftalie Alleztin Pambudi, Maharani Wahyu Saputri, Puput Transiana Dewi, Fitria Sulityowati, Dendy Dendy

Abstract


Permasalahan mitra pendidik di Sekolah Dasar Negeri Golo adalah sulitnya menanamkan pemahaman kepada siswa tentang perkalian dengan konsep penjumlahan berulang maupun dari penjumlahan berulang ke konsep perkalian. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan terhadap siswa kelas II SDN Golo didapatkan hasil rata-rata kurang dari 50%. Tujuan dari pengabdian ini yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran materi perkalian konsep penjumlahan berulang kepada pendidik  SDN Golo dengan menggunakan media pembelajaran Papan Hitung Perkalian dengan Konsep Penjumlahan Berulang (Patung Kasep Julang). Metode yang digunakan yaitu sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Hasil sosialisasi adalah guru memahami cara pembuatan, perawatan, dan penggunaan Patung Kasep Julang. Hasil pelatihan adalah guru dapat membuat Patung Kasep Julang. Hasil pendampingan adalah guru dapat menggunakan media sesuai dengan buku panduan. Evaluasi efektivitas media dari nilai pre-test ke post-test mengalami peningkatan, sehingga media efektif untuk pembelajaran. Diharapkan guru dapat membuat lagi media pembelajaran yang telah dipresentasikan, menggunakan media tersebut dalam proses pembelajaran, dan memberikan kesempatan siswa untuk praktik menggunakan media agar lebih aktif dan mengurangi kejenuhan.

Keywords


pendidik; perkalian; patung kasep julang

Full Text:

PDF

References


Ispendi, W. R. (2017). Upaya Peningkatan Pukulan Backhand Drive Permainan Tenis Meja Melalui Modifikasi Triplek Pada Siswa SD Negeri 29 Lengkong Nyadom Kabupaten Melawi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(6).

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep Dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Nainggolan, P. H., Asran, M., & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknik Jarimatika Di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(12).

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahayu, G. D. S. & Firmansyah, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 17–25.

Rohaeti, E. E. (2013). Budaya meneliti di kalangan para guru matematika dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. 31 Agustus 2013. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung

Sasrawan, H. (2016). Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli. http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/03/pengertian-sosialisasi-menurut-para-ahli.html

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan sistem penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i4.4158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.