Pelatihan Pemahaman tentang Coping Stress yang Tepat pada Guru Sekolah Inklusi
Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa saat ini pemerintah mengharuskan setiap sekolah untuk bersedia menerima anak berkebutuhan khusus untuk menjadi siswa didiknya, padahal tidak semua guru memiliki latar belakang pendidikan khusus tentang anak berkebutuhan khusus. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi guru terutama saat orang tua sulit diajak bekerja sama dengan guru. Guru merasa stress dan membutuhkan pemahaman mengenai coping stress yang tepat. Fokus kegiatan ini adalah memberikan pelatihan untuk memberikan pemahaman mengenai coping stress yang tepat. Pelatihan dilakukan pada tanggal 26 Agustus 2019, yang di ikuti oleh guru KB TK Madinatul Ilmi Al Amien Semarang serta Guru-guru KB TK yang tergabung pada Himpaudi Kecamatan Pedurungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Handono, O. T dan Bashori, K. (2013) Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan Pada Santri Baru. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi, 1(2), 79 -89
Irwadi, S., Ufatin, N. & Sultoni. (2016) Menumbuhkembangkan Perilaku Hidup Sehat pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Multi Situs di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram Kota Mataram Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 492-498
Mashudi, F. (2012). Psikologi Konseling. Yogyakarta: IRCiSoD.
Safaria, T., & Saputra, N. E. (2012). Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif Dalam Hidup Anda. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardani, D. S. (2009). Strategi Coping Orang Tua Menghadapi Anak Autis. Indegenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1), 26-35.
Wiramiharja, A. S. (2012). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Refika Aditama.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.4477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.