Sosialisasi Pembelajaran Mendengar dan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Quizlet bagi Ibu-Ibu PKK Kampung Tengah Jakarta Timur

Rima Novia Ulfa, Rr Astri Indriana Octavita, Risma Sugihartati

Abstract


Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pembelajaran kepada Ibu-Ibu PKK RW 10 sebagai role model untuk anak usia sekolah dasar dan menengah ke depannya. Tim pelaksana memberikan input mengenai penerapan metode pembelajaran yang tepat guna dalam mengajar dan mendampingi anak di rumah, dalam hal ini adalah penerapan metode pembelajaran melalui aplikasi yang ada di smartphone atau metode Mobile Learning terhadap kemampuan mendengar dan berbicara bahasa Inggris Ibu-Ibu PKK. Metode pembelajarannya sendiri adalah Mobile Learning dengan menggunakan aplikasi Quizlet melalui smartphone yang mereka gunakan sebagai alat komunikasi. Dengan menerapkan metode pembelajaran ini para ibu PKK diharapkan dapat berlatih berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan mudah dan mengajarkannya kembali ke anak-anak mereka melalui smartphone. Pemberian input kepada ibu-ibu PKK dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara bahasa Inggris, melalui penerapan metode Mobile Learning dengan menggunakan aplikasi Quizlet melalui smartphone untuk meningkatkan kemampuan pemahaman makna percakapan bahasa Inggris sesuai dengan konteks dan fungsi penggunaan sehari-hari, dan sebagai wadah dalam memberikan pengalaman belajar yang baru kepada para ibu-ibu melalui aplikasi Quizlet, dimana pada akhirnya dapat mentransfer pemahaman materi kepada anak-anak untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Inggris khususnya pembelajaran mendengar (Listening) berbicara (speaking). Dalam hal ini pula, dapat menekan penggunaan gadget dikalangan anak-anak hanya untuk hal yang positif.

 


Keywords


mendengar; berbicara; bahasa inggris; aplikasi

Full Text:

PDF

References


Belchamber, R. (2007). The Advantages of Communicative Language Teaching. The Internet TESL Journal, XIII(2), 1-15.

Hanmer, J. (2010). The Practice of English Language Learning. New York: Pearson Longman.

Johnson, K., & Johnson, H. (1998). Communicative Methodology. In K. Johnson and H. Johnson (eds.), Encylopedic Dictionary of Applied Linguistics. Oxford: Blackwell.

Richards, J.C. (2006). Communicative Language Teaching Today. Cambridge: Cambridge University Press.

Richards, J.C., & Rodgers, T.S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching (second Edition). Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.5649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.