PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA KUIS INTERAKTIF KELAS III SDN SIDALANG 01

Wina Setiani, Arfilia Wijayanti, Kiswati -

Abstract


Pembelajaran yang efektif menjadikan keberhasilan guru untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Berdasarkan hasil pengamatan pada peserta didik kelas III SDN Sidalang 01 hasil belajar peserta didik belum optimal. Hal tersebut karena model pembelajaran yang kurang sesuai dan keterbatasan media pembelajaran yang interaktif untuk kegiatan pembelajaran. Peningkatan hasil belajar dan perbaikan kualitas pembelajaran dilakukan dengan penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media kuis interaktif yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran agar peserta didik lebih aktif.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN Sidalang 01 yang berjumlah 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data data dalam penelitian ini menggunakan observasi hasil belajar peserta didik dengan instrument penelitian sesuai aspek yang dinilai.  Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif kuantitatif dan Teknik deskriptif kulaitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Kuis Interaktif dapat meningkatkankan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan nilai evaluasi peserta didik tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, pada siklus I sebesar  58,8%, pada siklus II sebesar 70,5%, dan pada siklus III 82,3%.

 

Kata Kunci: PTK,Problem Based Learning, Kuis Interaktif




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v2i2.13368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.