Velar Consonants Sound Production on the Pronunciation of English Education Departement Students

Nimas Thyara Laveda, Theresia Cicik Sophia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bunyi konsonan velar pada mahasiswa pendidikan bahasa Inggris di universitas PGRI Semarang khususnya pada mahasiswa semester 4 yang biasanya memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup yaitu kemampuan pengucapan bunyi konsonan velar, mengidentifikasi kesalahan dominan konsonan velar diucapkan oleh jurusan pendidikan bahasa Inggris, untuk mengetahui kontribusi yang diucapkan oleh mahasiswa Program Studi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dalam pembelajaran Pronunciation. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Objek penelitian adalah bunyi konsonan velar. Sampel penelitian ini adalah 40 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Instrumen yang digunakan adalah audio konsonan velar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pengucapan konsonan velar yang paling dominan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah /ɡ/ dengan persentase 49,20 %, diikuti oleh /k/ dengan persentase 32,26 % dan /ŋ / dengan persentase 18,53 %. Alasan /ɡ/ merupakan kesalahan konsonan velar yang paling dominan karena kata yang mengandung /ɡ/ lebih sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari daripada /k/ dan /ŋ/. Siswa sering meremehkannya sehingga pengucapan /ɡ/ tidak diperhatikan dan terkesan tidak terarah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/ijre.v1i2.8509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 International Journal of Research in Education



Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License
International Journal of Research in Education (IJRE)
 by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.