Leadership and Ability of School Principals to Utilize an Asset-Based Approach as Learning Capital for Learning Based on Student Needs Based on School Potential (Literatur Review)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aufa M A dan Eka Titi Endaryana. 2023. Dampak Transformasi Pendidikan Nasional dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka: Kajian Literatur. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan. 3(2): 150 – 156.
Green, G. P., & Haines, A. (2002). Asset building & community development.Thousand Oaks, Calif: Sage Publications.
Hasmawati, muliati & Bachtiar MY. 2023. Optimalisasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Melalui Komunitas Belajar Gugus PAUD. Madaniya. 4(2): 574 – 581.
Juharyanto, dkk. 2019. KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN PERAN MULTI-STAKEHOLDERS FORUM (Masalah dan Strategi Solutif Peningkatan Mutu SD – SMP Satu Atap di Daerah Terpencil). Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. 28(1): 1 – 10.
Kattsoff, Louis O. 1817, Pengantar filsafat / Louis O. Kattsoff; penerjemah: Soejono Soemargono 1986, Yogyakarta: Tiara Wacana
Kuswaeri I. 2016. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Tarbawi. 2(02): 1 – 13.
Lin AMY. 2020. From deficit-based teaching to asset-based teaching in higher education in BANA countries: cutting through ‘either-or’ binaries with a heteroglossic plurilingual lens. Taylor & Fancis Online: 33(2): 203 – 212.
Mahlianurrahman, dkk. 2023. PELATIHAN MENYUSUN PROGRAM KERJA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH AMAN DAN NYAMAN. Jurnal Qardhul Hassan; Media Pengabdian Kepada Masyarakat: 9(1): 78 – 82.
Priantini DAMMO, Ni Ketut Suarni & I Ketut Suar Adnyana. 2022. ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. Jurnal Penjaminan Mutu. 8(02): 238 – 244
Rahayuningsih, Suesthi, & Rijanto, Achmad. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS. 2(02): 120 – 126.
Ristianah, Niken & Toha Maksum. 2022. Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Tabiyin: Jurnal Pendidikan Islam. 4(1): 45 – 55.
Rohim DC, dkk. 2021. Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika. 33(1): 54 – 62.
Salma IM & Risfi Revita Yuli. 2023. Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan. 1(1): 1 – 11.
Siahaan A. 2022. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Dunia Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(6): 7858-7872
Sumarni E, dkk. 2017. Implikasi Kepemimpinan Distributed Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri Sendawar Terhadap Peran Kepala Sekolah. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Sekolah Dasar. 2(3): 224 – 239.
Suraji Imam. 2012. Urgensi Kompetensi Guru. Edukasia Islamika. 3(1): 236 – 251
Thien LM & Meow Yem Tan. 2019. Kepimpinan Distributif, Keadaan Dalam Sekolah, Dan Komitmen Guru Untuk Berubah: Satu Analisa Partial Least Squares
[Distributive Leadership, In-School Condition, And Teachers’ Commitment To Change: A Partial Least Squares Analysis]. Journal of Nusantara Studies (JONUS). 4(1): 159 – 185.
Tomlinson, CA & Jay Mc Tighe. 2006. Integrating differentiated instruction & understanding by design: Connecting content and kids. Alexandria: Vivian Cross, Production Specialist.
Usman J. 2016. Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam. 11(2): 219 – 246.
Wahyudi A, dkk. 2019. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Varidika. 31(02): 47 – 55.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijre.v4i1.18057
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Soedjono Soedjono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Research in Education (IJRE) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.