ANALISIS KEMAMPUAN SISWA BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Muminu Muminu, Supandi Supandi, Rina Dwi Setyawati

Abstract


Penelitian ini mendiskripsikan analisis tahapan berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar pada materi pertidaksamaan kuadrat. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas IX B SMP Hasanuddin 6. Data diambil melalui angket, tes, dan wawancara kemudian dilakukan deskripsi kualitatif untuk mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajarnya. Analisis tes berpikir kreatif matematis mengacu pada empat indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran, kelenturan, keaslian dan elaborassi. Kemudian diidentifikasi ke dalam tingkat berpikir kreatif matematis (TBKM) yang meliputi sangat kreatif (level 4), kreatif (level 3), cukup kreatif (level 2), kurang kreatif (level 1), dan tidak kreatif (level 0). Dan hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pada siswa visual berada pada Tingkat Berpikir Kreatif Matematis Level 4. Berdasarkan data tersebut terdapat 21% siswa atau 5 siswa yang memiliki gaya belajar visual. Pada siswa kinestetik berada pada Tingkat Berpikir Kreatif Matematis Level 3. Berdasarkan data tersebut terdapat 38% siswa atau 9 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik, yang tergolong siswa kinestetik Pada siswa auditorial berada pada Tingkat Berpikir Kreatif Matematis Level 1. Berdasarkan data tersebut terdapat  37% siswa atau 9 siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, yang tergolong siswa auditorial.  

Keywords


Berpikir Kreatif; Gaya Belajar; Pembelajaran Matematika

References


Dilla Suci Yunindra ( 2018 ). Analsis Kemampuan Siswa Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Gaya Belajar Melalui Model Osborn – Parne Pada Materi Himpunan Di Smp Negeri 1 BanyuBiru

Aini,Nur Afifah. 2016. Peran Keterampilan Berpikir Kreatif dalan Pemecahan Masalah Matematika. Gading Pustaka: Jogjakarta. Akses 13 Oktober 2017.

Anant Levav-Waynberg & Roza Leikin. 2011. The Role of Multiple Solution Tasks in Developing Knowledge and Creativity in Geometry. The Journal of Mathematical Behavior, Vol. 31, hal. 73-90. Akses 13 Oktober 2017.

Bire, A. L., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan:Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).

De Bono, E. 1992. Serious creativity. New York, NY: HarperCollins Publishers, Inc. Akses tanggal 12 Oktober 2017.

DePorter, Bobbi.,& Mike Hernacki. 2007. Quantum Learning :Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa

Sujarwo, Eko.,& Yunianta, T.N.H. 2018. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. 2(1)

Gilakjani, A. P. (2012). Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Style and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education, 104-113.

Gufron Nur, Rini Risnawati. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Jakarta: Pustaka Belajar.

Gunawan, A.W. 2006. Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta : Gramedia.

Hasrul. 2009. Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal MEDTEK. Vol. 1, No. 2, Oktober 2009.

Hudoyono, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Surabaya: Usaha Nasional.

Isaksen, S. G. 2003. CPS: Linking creativity and problem solving. Akses l 10 Oktober 2017.

Keliat, N. R. (2016). The Profile Of Students'learning Styles And Their Effects On Grade Point Average (GPA) Achievement. Edutech, 15(2), 188-198.

Krulik, Stephen & Rudnick, Jesse A. 1999. Innovatve Tasks To Improve Critical and Creative Thinking Skills. Page: 138-145. from Developing Mathematical reasoning in Grades K-12. 1999 Year book. Stiff, Lee V. Curcio, Frances R. Reston, Virginia: The National Council of teacher of Mathematics, Inc. Akses 15 Oktober 2017.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Partnership for 21st Century Learning (P21). www.p21.org(Online), (diakses tanggal 29 November 2017)

Pehkonen, Erkki. 1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity. Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X, (diakses tanggal 29 Oktober 2017)

Puspita, Puput. 2017. Waktu Simulation Games Melalui Layanan Penguasaan Konten Terhadap Pemahaman Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gubug. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling Universitas PGRI Semarang.

Putri, W. A. 2013. Pengaruh Gaya Belajar Siswa (Visual, Kinestetik, Dan Auditorial) Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ridwan, M. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Kalamatika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193-206.

Rofiah, Zeni. 2015. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Discovey Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Unnes Journal of Matematics Education,8(3). Dari:http//journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme. (diakses 19 Desember 2017).

Sari, A.K. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 1(1)

Silver, Edward. A. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. ZDM Journal, Juni 1997, Volume 29, Issue 3, pp 75-80. Akses 15 Oktober 2017.

Siswono, Tatag Y.E. 2008. Proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan 15 (1): 60-68 (diakses 4 November 2017).

Slavin, Robert. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Suryani. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Semarang: Universitas PGRI Semarang

Susanti, V. D. (2015). Profil Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Bruner. Jurnal PenelitianPendidikan, 7(2), 1181-1187.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

-----------. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

-----------. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

-----------. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Torrance, E.P. 1965. Rewarding creative behavior: Experiments in classroom creativity. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall. Akses 11 Oktober 2017.

Undang - Undang RI No.20 Tahun 2003.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.