GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF ABJAD DI SD ISLAM ROHMANIYYAH DENGAN METODE MDLC

Annisa Pebriani, Nur Khoiri, Wijayanto Wijayanto

Abstract


Anak usia dini berkisar umur 0 – 13 tahun berada dalam masa Golden Periode (Periode Keemasan) perkembangan otak mereka. Dalam usia ini, mereka berada pada masa pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat baik fisik maupun mental. Oleh karena itu
proses perkembangannya harus dimaksimalkan terutama pada pengenalan huruf abjad sebagai bekal utama dalam belajar membaca. Penulis membuat sebuah game edukasi dengan harapan mampu meningkatkan mutu belajar dan nilai, khususnya dalam hal belajar membaca huruf-huruf abjad. Game edukasi merupakan suatu permainan yang dirancang khusus agar dapat belajar dan bermain secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari game edukasi pengenalan huruf-huruf abjad untuk anak- anak usia 4-7 tahun atau setara maksimal Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar kelas 1. Metode penelitian yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle), metode penelitian ini memiliki 6 tahapan yaitu Konsep (Consept), Perancangan (Design), Pengumpulan Material (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing), Distribusi (distribution). Hasil validasi ahli media adalah hasil keseluruhan validasi ahli media presentase sebanyak 91,87 %, sehingga dapat disimpukan kriteria presentase skor game edukasi dikatankan "Sangat Layak". Pada uji coba responden mendapatkan hasil keseluruhan sebesar 90% yang artinya tingkat kelayakan “Sangat Layak”. Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi pengenalan huruf abjad di SD Islam Rohmaniyyah dengan metode MDCL menggunakan aplikasi construct 2 yang telah layak untuk diuji cobakan pada anak-anak, dengan harapan dapat meningkatkan mutu belajar
dan nilai khususnya dalam belajar membaca huruf-huruf abjad. Kata Kunci: Game edukasi, Abjad, Metode MDLC, Construct 2


Keywords


Game edukasi, Abjad, Metode MDLC, Construct 2

Full Text:

PDF

References


Aini, Baiq Olatul, Khaerunnisa Cantika Ayu, and Siswati Siswati, Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD‟, JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3.1 (2019), 74

Ansari, Kenny Dzulfikor, and Rika Rosnelly, Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Jenis Buah–Buahan Berbasis Multimedia‟, Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, 1.1 (2020), 915–26

Arsyad, A, „Media Pembelajaran‟, 2015 Basyiroh, Iis, „Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini‟, Tunas Siliwangi, 3.2 (2017), 120–34

Borman, Rohmat Indra, and Yogi Purwanto, Impelementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah Pada Anak‟, Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 5.2 (2019), 119

Erri Wahyu Puspitarini, Dian Wahyu Putra, A. Prasita Nugroho, „Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini‟, J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1.1 (2016), 46–58

Fithri, Diana Laily, and Dave Andre Setiawan,

„Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini‟, Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8.1 (2017), 225–30

Maryuliana, Imam Much Ibnu Subroto, and Sam Farisa Chairul Haviana, „Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert‟, Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika,

2 (2016), 1–12

Muhson, Ali, „Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi‟, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8.2 (2010)

Mustika, Mustika, Eka Prasetya Adhy Sugara, and Maissy Pratiwi, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle‟, Jurnal Online Informatika, 2.2 (2018), 121

Nuqisari, Rina, and Endah Sudarmilah, Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android‟, Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19.2 (2019), 86–92

Rivaldi, Muhammad Fikri, and Yogiek Indra Kurniawan, „Game Edukasi Pengenalan Dan Pembelajaran Berhitung Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar‟, Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 11.1 (2021), 47–5)

Utami, Dina Salsabella, and Agustina Tyas Asri Hardini, Pengembangan Media Belajar Literasi Digital Berbasis Game Edukasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Kelas 2 SD‟, JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5.2 (2021), 218–25

Vitianingsih, Anik Vega, „Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini‟, Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1.1 (2017)

Wafda Adita Rifai, „Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android‟, Fitzpatrick’s Dermatology, 53.9 (2019), 1779–9




DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v4i2.13870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

    


Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)