PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL HEYZINE FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK
Abstract
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui sejauh mana penggunaan Heyzine Flipbook dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di salah satu SMK Negeri 10 Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi proses pembelajaran dan penyebaran angket motivasi belajar yang diisi oleh siswa sesudah penerapan media. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan hasil angket untuk melihat perubahan tingkat motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Heyzine Flipbook memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Siswa menyatakan bahwa tampilan yang interaktif, adanya ilustrasi visual, serta kemudahan navigasi pada media membuat mereka lebih tertarik untuk mempelajari materi. Selain itu, proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan tidak monoton, sehingga siswa merasa lebih bersemangat mengikuti kegiatan belajar. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Heyzine Flipbook sebagai media digital merupakan alternatif inovatif yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK dan layak dipertimbangkan sebagai bagian dari strategi pembelajaran berbasis teknologi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggreni, F., & Sari, R. (2022, November). Pendampingan penysunan e-modul menggunakan aplikasi Heyzine untuk mendukung Program Madrasah Digital. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 262-267).
Ashari, LS, & Puspasari, D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Heyzine pada Mata Kuliah Humas dan Otomasi Protokoler di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. INOVATIF: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial , 4 (1), 2565-2576.
Auwaliyah, HM, Sahrina, A., Soekamto, H., & Masruroh, H. (2023). Pengembangan e-modul berbasis heyzine flipbook materi mitigasi bencana untuk siswa kelas Xi Ips SMAN 1 Singosari. Jurnal Geografi Vol , 12 (1).
Derrydamawati, C. C., Handajani, S., Purwidiani, N., & Pangesthi, L. T. (2024). Pengembangan e-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Peralatan Dapur untuk Siswa Kuliner Fase E. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1723-1730.
Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan e-modul logika matematika dengan Heyzine untuk menunjang pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71-80.
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68.
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981-990.
Jaramillo-Mediavilla, L., Basantes-Andrade, A., Cabezas-González, M., & Casillas-Martín, S. (2024). Impact of gamification on motivation and academic performance: A systematic review. Education Sciences, 14(6), 639.
Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69-81.
Mohd Azmi, N. F. I., Aznul Hisham, M. H., & Jamil, N. A. (2023). Development and evaluation of an e-book for bone health and osteoporosis education in adolescents. Nutrients, 15(8), 1899.
Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38.
Patranita, E. A., Wirahayu, Y. A., Masruroh, H., & Soekamto, H. (2022). Pengembangan suplemen bahan ajar digital kelas X materi penginderaan jauh menggunakan Heyzine Flipbook. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(9), 888-898.
Sari, R., & Anggreni, F. (2023). Penyusunan E-Modul Menggunakan Heyzine Pada KKG MI Se-Kota Langsa. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 291-298.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v6i2.25873
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :

Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)

