MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN MELALUI PENDEKATAN TEMATIK UNTUKPEMBELAJARAN IPA CALON GURU PGSD

Listyaning Sumardiyani, Fine Reffiane

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) pengembangan materi
IPA calon guru dengan pendekatan tematik; 2) pengembangan strategi pembelajaran
pakem dengan pendekatan tematik IPA calon guru; 3) pengembangan instrumen
evaluasi pembelajaran tematik IPA calon guru. Penelitian ini adalah Research and
Development yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA calon
guru dengan model PAKEM melalui pendekatan tematik. Subjek penelitian ini adalah
siswa sekolah dasar I dan II dari kelompok SD negeri, kelompok SD swasta Favorite dan kelompok SD swasta, dan 2 guru kelas I dan kelas II. Penelitian ini di lakukan di
kota Semarang.Kegiatan penelitian di tahun pertama ini di awali dengan melakukan
analisis kurikulum SD dan analisis kebutuhan siswa sesuai dengan aspek perkembangan
anak SD, dilanjutkan dengan identifikasi materi yang berhubungan dengan sains yang
sesuai kurikulum dan mendeskripsikan fasilitas pendukung pembelajaran sains yang
diperlukan, langkah ketiga dilakukan pengembangan materi IPA calon guru dengan
PAKEM melalui pendekatan tematik, langkah ke empat pengembangan strategi
pembelajaran di sini dirancang kegiatan inkuiri dengan PAKEM melalui pendekatn
Tematik IPA calon guru, dan langkah ke  lima yaitu pengembangan alat evaluasi yang
berupa penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.Berdasarkan kegiatan penelitian
tahiun pertama, secara keseluruhan penelitian ini telah terlaksana 70%. Berikutnya yang
akan dilaksanakan uji ahli dan revisi sehingga mendapatkan draft materi IPA calon
guru, perangkat pembelajaran yang meliputi SKH, SKM, dan RPP, serta alat evaluasi
pada pembejaran PAKEM IPA calon guru dengan pendekatan tematik.

Kata kunci: PAKEM, Tematik, SD



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.