UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI MELALUI MEDIA PERGELARAN WAYANG PADA SISWA KELAS IXA SMP NEGERI 6 SEMARANG

Marsini Marsini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis?é?á cerita dengan metode sugesti imajinasi melalui media pergelaran wayang pada siswa kelas IX A SMPN 6 Semarang tahun 2009/2010, serta untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap keterampilan menulis cerita dengan metode sugesti imajinasi melalui pergelaran wayang pada siswa SMP N 6 Semarang.?é?á Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK).?é?á Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada tiap siklus terdiri-dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran menulis cerita dengan metode sugesti imajinasi melalui media pergelaran wayang?é?á?é?á mampu meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas IX A SMPN 6 Semarang. Hasil tes yang diperoleh pada prasiklus mencapai rata-rata 63.3% dan prosentasi ketuntasan (?óÔÇ??Ñ70) kelas 37 %.?é?á Hasil tes pada siklus I, rata-rata meningkat menjadi 76,40 dan prosentasi ketuntasan 92%, atau meningkat 55%.?é?á Pada siklus II, diperoleh hasil yang jauh lebih baik. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh mencapai 82,06, ketuntasan kelas mencapai 100%.?é?á Hasil nontes pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa sebagian besar siswa senang dan tertarik dengan media pergelaran wayang tersebut.

?é?á

Kata kunci : menulis cerita, metode sugesti imajinasi, media wayang


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v3i2.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.