PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN GENERAL LIFE SKILL KHUSUSNYA KECAKAPAN BERPIKIR RASIONAL DAN KECAKAPAN BERPIKIR SOSIAL

Heni Kristiani

Abstract


Pada umumnya pembelajaran PPKn dilaksanakan hanya bersifat verbal, siswa menjadi pendengar setia, guru kurang bisa memilih strategi yang dapat meningkatkan kecakapan hidup siswa.?é?á Contextual Teaching And Learning adalah pembelajaran yang diprediksikan dapat meningkatkan kecakapan berpikir rasional dan kecakapan sosial siswa.?é?á Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dengan urutan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengumpulan data dan analis refleksi.?é?á Penerapan contextual teaching and learning dengan melaksanakan observasi langsung pada obyek pembelajaran.?é?á Data kemajuan hasil tindakan diperoleh dari angket kecakapan berpikir rasional kecakapan sosial, lembar observasi KBM, observasi tanya jawab wawancara, learning logs, jurnal guru, dan hasil ulangan.?é?á Validasi hasil instrumen dilakukan dengan vace validity dan critical reflection, validasi data dilakukan dengan triangulasi observasi dari aspek siswa, guru dan guru mitra (kolabor).?é?á Hasil tindakan menunjukkan pada tiap-tiap siklus kecakapan berpikir rasional dan kecakapan sosial meningkat.?é?á Kecakapan berpikir rasional dan kecakapan sosial siswa pada kondisi awal sebesar 11%, dan 28,34% sedangkan pada akhir penelitian mencapai 66,67% dan 95%.?é?á Total pencapaian kecakapan berpikir rasional dan kecakapan berpikir sosial pada akhir penelitian sebesar 84,17% melampaui batas perkiraan yaitu sebesar 75%, dengan demikian pembelajaran contextual teaching and learning teruji yaitu dapat meningkatkan general life skill pada kecakapan berpikir rasional dan kecakapan berpikir sosial.?é?á Respon siswa secara kualitatif menyenangkan dan materi mudah dipahami.?é?á Hasil ketuntasan belajar meningkat dari 24,54% menjadi 95,63% sedangkan kinerja guru juga meningkat dari 75,50% menjadi 95,67%.

?é?á

Kata kunci: pembelajaran contextual teaching and learning, general life skill


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v3i2.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.