IMPROVING STUDENTS’ READING “DESCRIPTIVE TEXT” USING SMALL GROUP DISCUSSION, A CASE STUDY OF X MIPA-7 CLASS OF 11 SENIOR HIGH SCHOOL SEMARANG IN ACADEMIC YEAR 2018/2019
Yongki Arya Permana, Erna Setyawati, Maria Yosephine
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bagaimana penggunaan Small Group Discussion dapat meningkatkan kemampuan ketrampilan membaca siswa dalam materi descriptive text. (2) Kelebihan menggunakan Small Group Discussion dalam pembelajaran penguasaan ketrampilan membaca. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas X MIPA-7 SMA Negeri 11 Semarang. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Terdapat dua jenis data: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan menggunakan lembar pengamatan, wawancara, dan catatan lapangan. Kemudian, data kuantitatif diperoleh menggunakan tes (pre-test dan post-test). Data kualitatif dianalisis menggunakan 5 tahapan yang disarankan oleh Burns (1999: 157-159) yakni sebagai berikut: menghimpun data, mencatat data, membandingkan data, membangun teori, dan melaporkan hasil penelitian. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Small Group Discussion dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam ketrampilan membaca. Selain itu, Small Group Discussion dapat digunakan untuk mendukung guru dalam pengelolaan kelas. Peneliti juga menemukan kelebihan Small Group Discussion dalam pembelajaran ketrampilan membaca. Small Group Discussion tidak hanya membuat suasana kelas menjadi nyaman dan menarik, akan tetapi juga meningkatkan partisipasi siswa dalam berbagi ide dan bertukar informasi dalam pembelajaran ketrampilan membaca descriptive text.
Keywords
ketrampilan membaca, descriptive text, small group discussion.
References
Alexander, William M. and Halverson, Paul M. 1957. Effective Teaching in Secondary School. New York: Rinehart and company, Inc.
Arends, Richard I. 1997. Classroom Instruction and Management. United States: Central Connecticut State University
Brown, H Douglas. 2001. Teaching Reading by Principles. San Francisco State University
Burns, Anne. 1999. Collaborative Action Research for English Language Teacher. United Kingdom: Cambridge University Press
Baker, Carry.L. 1987. Communication Englewood Cliffts. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Grabe, W and F, L, Stollar. 2002. Teaching and Researching: Reading. Applied Linguistic in Action Series. Great Britain: Longman.
Johnson, David. W and Roger, T. 1975. Learning Together and Alone. Cooperation and Individualization. Englewoods. Cliffs: New Jersey: Prentice Hall
S, M, Beatrice. 2004. More Reading Power. New York: Pearson Education Inc.
DOI:
https://doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.