MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DALAM TEKS DESKRIPTIF DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DI KELAS SEPULUH SMA NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Nur Indah Yuliani, Henny Mastuti, AB Prabowo KA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Semarang dalam menulis teks deskriptif menggunakan teknik Mind mapping. Metode penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan. Instrumen pada penelitian ini meliputi kuesioner, lembar observasi, lembar penilaian tes tertulis, dan dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan hasil analis tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata pra siklus saat proses pembelajaran menulis teks deskriptif belum memenuhi KKM. Selain itu ketertarikan siswa terhadap kegiatan menulis teks deskriptif masih rendah karena hanya beberapa siswa yang antusias. Setelah diterapkannya teknik Mind Mapping, terjadi peningkatan proses pembelajaran menulis teks deskriptif. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya ketertarikan siswa dan skor rata-rata hasil menulis teks deskriptif pada siklus I dan siklus II. Peningkatan skor rata-rata hasil menulis teks deskriptif pada pra siklus adalah 65, pada siklus I meningkat menjadi 77, dan pada siklus II meningkat menjadi 81. Dengan demikian, keterampilan menulis teks deskriptif pada siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Semarang telah mengalami peningkatan baik secara produk maupun secara proses setelah menggunakan teknik Mind Mapping.


Keywords


Teknik Mind Mapping, Menulis, Teks deskriptif

Full Text:

PDF

References


Al Naqbi, Shamma. 2011. “The Use of Mind Mapping to Develop Writing Skill in UAE School”. Education, Business and Society. Vol. 4. Accessed on July 2, 2018. (https://www.emeraldinsight.com/doi/abs/10.1108/17537981111143855)

Kemmis & Teggart. 2000. The Action Research Planner: Victoria: Dealkin.

Komalasari, dkk. 2011. Asesmen Teknik Non Tes Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: PT. Indeks.

Melor Md Yunus, Chan Hua Chien. 2016. “The Use of Mind Mapping Strategy in Malaysian University English Test (MUET) Writing”. Creative Education. vol.7. Accessed on july 2, 2018 (http://file.scirp.org/Html/8-6302987_65541.htm)

Riswanto & Pebri Prandika Putra. 2012. “The Use of Mind Mapping Strategy in the Teaching of Writing at SMAN 3 Bengkulu, Indonesia”. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 2. Accessed on July 2, 2018 (http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_21_November_2012/8.pdf)

Situmorang, Jenny Desliana. 2012. “Penggunaan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) dalam Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2012/2013”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol.1. accessed on July 2, 2018 (http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/965)

Sudjana, Nana. 2009. Tuntutan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Zemach, D. E at al. 2009. Academic Writing from Paragraph to Essay. Cambridge: The Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.