MENINGKATKAN PENGUASAAN GRAMMAR DALAM MATERI FUTURE TENSES DENGAN MENGGUNAKAN CARDS OF THE FUTURE GAME PADA SISWA KELAS X SMA N 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Hanifah Widhia Ningrum, Budi Handoyo, Wiyaka Wiyaka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan grammar siswa pada materi Future Tenses dengan menggunakan Cards of the Future Game pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas x ips 2 sebanyak 36 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan hasil dari tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor dalam pretest pada pembelajaran Future Tenses tidak mencapai KKM. Dari hasil penelitian diperoleh presentase nilai dari pretest adalah 11,1% sedangkan pada posttest pertama dengan menggunakan Cards of the Future Game mengalami peningkatan menjadi 63.88%. Pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 91.66% dan berdasarkan persentase nilai telah mengalami peningkatan dari siklus pertama dan siklus kedua. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa Cards of the Future Game dapat meningkatkan penguasaan grammar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Semarang pada materi Future Tenses.

Keywords


penguasaan grammar, Future Tenses, Cards of Future Game

Full Text:

PDF

References


Alan, Evision. 1983. Oxford Learner’s Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press.

Burns, Anne. 2010. Doing Action Research in English Language Teaching. New York. Routledge

Dharma, Lalita Vistari Setyananda Wiryana. Efektivitas Metode Permainan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Materi “Simple Future Tense” Pada Mahasiswa STABN Sriwijaya Tangerang Banten

Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Buckingham: Open University press.

https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/grammar

https://www.teach-this.com/grammar-activities-worksheets/future-forms

Pelton, Robert P. 2010. Action Research for Teacher Candidates. United States of America: Rowman & Littlefield Education

Tomal, Daniel R. 2003. Action Research for Educators. United States of America: Scarecrow Press, Inc.




DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.