PENGGUNAAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS

Suci Rokhmawati, Henny Mastuti

Abstract


Mempelajari kosa kata adalah sebuah faktor yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Peran guru dalam mengajar kosa kata juga tidak dapat dipisahkan dari kecanggihan teknologi. Perkembangan teknologi yang dinamis, dan karakter siswa yang menyukai hal-hal yang canggih, Instagram menyajikan alternatif yang menyenangkan dan menarik minat siswa dalam mempelajarai kosa kata. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan kosa kata siswa menggunakan Instagram dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Semarang enggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua kali siklus penilaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas 10. Data diambil dari hasil observasi dan tes. Tes dilakukan di pre siklus, siklus satu, dan siklus dua. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes dalam pre tes, siklus satu dan siklus dua. Sementara data kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan guru dan sisiwa. Penelitian tindakan kelas dikatakan sukses ketika siswa telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70. Setelah menggunakan Instagram, hasil menunjukkkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan kosa kata siswa yang dapat dilihat melalui nilai rata-rata kelas dari tiap siklus. Nilai rata-rata dalam pre tes adalah 57. Di siklus satu terdapat peningkatan menjadi 78. Siklus dua nilai rata-rata menjadi 90 yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap penguasaan kosa kata siswa menggunakan Instagram. Maka dari itu peneliti menyarankan untuk menggunaka Instagram sebagai salah satu alternatif pembelajaran kosa kata.


Keywords


Instagram, Penguasaan Kosa Kata, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Blair, Risa dan Serafini, Tina M. 2014. “Integration of Education: Using Social Media Networks to Engage Students”. Systemics, Cybernetics and Informatics. Vol. 16. No. 6. Page 28.

Ferlazzo, L. 2014. Creating Instagram Video “BookTrailers” with English Language Learners. Retrieved from: http://larryferlazzo.edublogs.org/2014/01/28/creatinginstagram-video-booktrailers-with-english-language-learners/

Linse, C.T. (2006). Practical English language teaching: Young learners. New York: McGrawHill Companies, Inc.

Simonson, S. A. (2000). Teaching and Learning at a Distance: Foundations of Distance Education. Upper Saddle River, NJ: Merrill.




DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.