ANALISIS USAHA KAFE DENGAN METODE QSPM DAN ANALISIS SWOT BERBASIS VALUE CHAIN

Nevin Lojie, Irwan Budiman, Anita Christine Sembiring

Abstract


Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menguat setiap tahun berpengaruh terhadap strategi yang dipertimbangkan oleh pemilik bisnis F&B, salah satunya kafe the Hidden Hertiv di Medan. Tujuan penelitian ini adalah mencari alternatif strategi bisnis dan menentukan prioritas urutan strategi yang perlu dilakukan kafe the Hidden Hertiv. Penelitian ini meliputi beberapa tahap dengan menggunakan metode QSPM dan SWOT Strategy yang disusun berdasarkan Value Chain. Tahapan dimulai dengan mengolah data dan mengumpulkan strategi melalui SWOT Analysis, dilanjutkan dengan penentuan nilai strategi dengan IFAS & EFAS yang disusun ke IE Matrix. Tahapan terakhir adalah menentukan strategi utama dan urutan strategi alternatif dengan metode QSPM dan Value Chain based SWOT Strategy. Hasil penelitian menghasilkan enam belas alternatif strategi yang mempengaruhi delapan nilai dari Value Chain the Hidden Hertiv. Adapun strategi prioritas yaitu membangun image dari brand The Hidden Hertiv secara masif, melalui media offline & online.

Keywords


Café industry; QSPM; SWOT Strategy; Strategic Management.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

David, Fred R. & Forest R. David, 2017. Strategic Management: Concepts and Cases. Harlow: Pearson Education Limited.

Ferrinadewei, Erna, 2008. Merek Dan Psikologi Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen, 2014. Essentials of Strategic Management. Harlow : Pearson Education Limited.

International Monetary Fund, 2022. World Economic Outlook: War Sets Back the Global Recovery. Washington DC: International Monetary Fund.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management. Harlow: Pearson Education Limited.

Manap, H. Abdul, 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Prabowo, H., & Alversia, Y., 2020. The Influence of Value and Browsing Activity on Impulse Buying Behavior Moderated by Source of Online Review Case Study: Food and Beverage Products on Instagram. ICEEG 2020 - 2020 4th International Conference on E-commerce, E-Business and E-Government: 103-108.

Putri, Nyimas Ekinevita & Astuti, Retno, 2014. Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis SWOT dan Metode QSPM. Jurnal Industria 3 (2): 93 - 106.

Rusdiana, M., & Moch Irfan, 2014. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Sarjono, B., 2013. Pengelolaan Strategi dalam Persaingan Bisnis. Jurnal Manajemen Strategi. 9: 58 - 61.

T. D. Satmoko, H. D. Waluyo, and N. Ngatno, 2015. "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP WORD OF MOUTH, MELALUI KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA STAR CLEAN CAR WASH SEMARANG," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 5 (1): 266-275.




DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v5i2.12049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 SUNDA787 SUNDA787 ASIABET777 ASIABET777 KAWAHTOTO EMAS787 link slot gacor slot 10 ribu diamond murah voucher game