PENGARUH CUSTOMER EQUITY TERHADAP WOM BEHAVIOUR MELALUI PURCHASE INTENTION

Ratri Pangastuti, Ida Bagus Nyoman Udayana

Abstract


Abstrak

WoM behaviour merupakan bentuk dari loyalitas pelanggan, adanya loyalitas dari konsumen karena nilai dari sebuah merek dan hubungan yang dibangun perusahaan sangat baik. Ketika konsumen merasa puas dengan suatu nilai merek dan hubungan dari perusahaan maka akan menumbuhkan niat pembelian atau penggunaan produk dan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada objek wisata Gumuk Pasir Parangkusumo yang semakin ramai pengunjung dari tahun ke tahun sedangkan dulunya hanya tempat untuk kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh customer equity terhadap WoM behaviour melalui purchase intention pada pengunjung domestik Gumuk Pasir Prangkusumo. Data yang didapat pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden pengunjung Gumuk Pasir Parangkusumo dengan menggunakan metode accidental sampling untuk mengetahui tanggapan dari responden untuk setiap variabel. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan sobel test untuk mengetahui apakah ada hubungan melalui variabel mediasi secara signifikan mampu memediator dalam hubungan tersebut. Pengujian dalam penelitian ini menggunaka uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolineritas, serta menggunakan analisis regresi. Dari hasil uji tersebut didapatkan uji-t yang menunjukan bahwa value equity berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap purchase intention, brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, relationship equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, value equity berpengaruh positif dan  signifikan terhadap WoM bheviour, brand equity berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap WoM behaviour, relationship equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap WoM behaviour, dan purchase intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap WoM behaviour.

 Kata Kunci :  Ekuitas Pelanggan, Niat Membeli, Perilaku WoM

Abstract

WoM behavior is a form of customer loyalty, the loyalty of consumers because the value of a brand and the relationships that the company builds very well. When consumers are satisfied with a brand value and the relationship of the company it will foster purchase intentions or use of the products and services offered. This research is motivated by a phenomenon that occurs in the tourism object Parangkusumo Sand Dune which is increasingly crowded visitors from year to year while previously only a place for worship activities and activities of the surrounding community. This study aims to determine how much influence customer equity has on WoM behavior through purchase intentions on domestic visitors to Gumuk Pasir Prangkusumo. The data obtained in this study were obtained from a questionnaire distributed to 100 respondents who visited Parangkusumo Sand Dune using accidental sampling method to find out the responses of respondents for each variable. The analysis technique used is the sobel test to find out whether there is a relationship through mediating variables that are significantly able to mediate in that relationship. Tests in this study use validity, reliability, and classic assumption tests, namely normality test, heterokedasticity test, multicollinity test, and using regression analysis. From the test results obtained t-test which shows that value equity has a positive and not significant effect on purchase intention, brand equity has a positive and significant effect on purchase intention, relationship equity has a positive and significant effect on purchase intention, value equity has a positive and significant effect on WoM bhevior, brand equity has a positive and not significant effect on WoM behavior, relationship equity has a positive and significant effect on WoM behavior, and purchase intention has a positive and significant effect on WoM behavior

Keywords : Customer Equity, Purchase Intention, WoM Behavior


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dinas Pariwisata Daerah Istimewah Yogyakarta. (2017). Statistik Kepariwisataan 2017. Dinas Pariwisata DIY, xiv, xv, 6.

Instansi, H., Kerja, J., & Aspirasi, P. (2014). Dinas pariwisata. 3–5.

Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business Research, 65(10), 1480–1486. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014

Lemon, K., Rust, R., & Zeithml, V. (2001). What Drives Customer Equity A company’s current customers provide the most reliable source of future revenues and profits. Marketing Management, 10(1), 1–5. https://doi.org/Article

Mirabi, V., Akbariyeh, H., & Tahmasebifard, H. (2015). A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention Case Study : the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST), 2(1), 267–273.

Opka, D. (2008). Pemasaran Jasa. Akademik, 2. https://doi.org/10.1177/0300985809357753

Reza, M., Alavijeh, K., Esmaeili, A., & Sepahvand, A. (2018). Pengaruh Ekuitas Pelanggan Drivers pada Word-of-Mouth Perilaku dengan Memediasi Peran Loyalitas Pelanggan dan Pembelian Niat. 29(2), 236–246.

Rina, A. W. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention melalui Social Media Marketing terhadap Produk Frozen Yogurt Sour Sally di Surabaya. 3(2), 37–44.

Suprapto, R. (2015). Pengaruh Customer Equity Terhadap Word of Mouth Perguruan Tinggi Swasta. Buletin Bisnis & Manajemen, 01(02), 81–98.

Vogel, V., Evanschitzky, H., & Ramaseshan, B. (2008). Customer equity drivers and future sales. Journal of Marketing, 72(6), 98–108. https://doi.org/10.1509/jmkg.72.6.98




DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v3i2.7785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 SUNDA787 SUNDA787 ASIABET777 ASIABET777 KAWAHTOTO EMAS787 link slot gacor slot 10 ribu diamond murah voucher game