PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DAN SISTEM INFORMASI AKUNATANSI PADA USAHA MINUMAN DRINKTEA DI MASA PANDEMI COVID-19

Salsabila Nurmalita Sari, Firda Adilah Dewi, Lia Nor Anila, Bakhrul Huda

Abstract


Strategi pemasaran dalam kondisi pandemic Covid – 19 memiliki peranan yang sangat penting bagi pengusaha dalam menjalankan usaha sesuai dengan target dan visi misi yang sudah ditentukan. Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern banyak pengusaha muda yang mengeluarkan ide bisnis minuman dengan banyak variasi rasa terutama pada produk minuman. Selain itu, mereka juga mahir dalam melakukan pemasaran melalui media sosial. Masalah yang dihadapi oleh usaha kecil dan menengah adalah kurangnya modal untuk mengembangkan usaha, dan strategi pemasaran. Maka hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah diatas adalah melakukan strategi pemasaran berbasis online, melakukan segmentasi pasar dan mendesain suatu produk yang menarik, agar usaha kecil dan menengah dapat mengoptimalkan usaha mereka. Selain itu, menjalin mitra antara usaha kecil dan menengah lainnya juga bisa dilakukan untuk memperkuat upaya bersama dalam mengembangkan usaha. Selain strategi pemasaran dalam menjalankan usaha juga dibutuhkan sistem informasi akuntansi. Tujuan dari sistem akuntansi sendiri adalah untuk melaporkan kegiatan usaha dari segi keuangan. Dengan adanya sistem akuntansi ini dapat membantu pengusaha dalam mengevaluasi usaha yang dijalankan.

Abstract

Marketing strategies in the Covid-19 pandemic have a very important role for entrepreneurs in running their business in accordance with the targets and vision and mission that have been determined. Along with the development of an increasingly modern era, many young entrepreneurs are issuing beverage business ideas with many flavors, especially in beverage products. In addition, they are also proficient in marketing through social media. The problem faced by small and medium enterprises is the lack of capital to develop their business, and marketing strategies. So the thing that can be done to overcome the above problems is to carry out an online-based marketing strategy, segment the market and design an attractive product, so that small and medium businesses can optimize their business. In addition, establishing partners between other small and medium-sized businesses can also be done to strengthen joint efforts in developing businesses. In addition to marketing strategies in running a business, an accounting information system is also needed. The purpose of the accounting system itself is to report business activities from a financial perspective. With this accounting system, it can help entrepreneurs evaluate the business they are running.


Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran (15th ed.). Rajawali Perseda.

Azhari, Fadila. Mawardi, Muhammad Kholid (2018). “Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Jaringan Usaha Kecil Menengah”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 59, No. 1.

Bodnar, G., & Hopwood. (2003). Sistem Informasi Akuntansi. PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Boone, L. E. K. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer (1st ed.). PT. Salemba Empat.

David, F. (2006). Manajemen Strategis (10th ed.). PT. Salemba Empat.

Diana, A., & Setiawati, L. (2011). Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Prosedur, dan Penerapan (1st ed.). Andi.

Jurnal Interpreuner . https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-strategi-positioning-produk-untuk-persaingan-usaha/ . diakses pada 16 Maret 2021.

Jurnal Entrepreneur, “Strategi Pemasaran Produk Bisnis di Tengah Pandemi Corona”, https://www.jurnal.id/id/blog/7-strategi-pemasaran-produk-ukm-saat-krisis-virus-Covid-19/, diakses pada tanggal 24 Juni 2021.

Khoiri, Novi. (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19, el-Qisṭ: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol.10, No.2.

Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran (11th ed.). PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Lucky Nara, Maskarto (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1.

Mauliansyah, Rony (2017). Pengaruh Positioning Terhadap Pembelian Sepeda MotorHonda dikota Langsang. Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 6 No 2.

Mayang Indri Astuti, Anissa, Shinta Rahmawati. Analisis SWOT dalam menentukan strategi Pemasaran , Jurnal Manajemen.

Oky Zulkarnaen, Halim (2013). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MAKANAN RINGAN (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo). Skripsi: Universitas Diponegoro, Semarang.

Prakasita, D. (2018). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persedian di CENTRAL STEAK AND COFFEE Boyolali. Jurnal Nominal, 7(1), 69–81.

Pride, & Ferrel. (1995). Pemasaran: Teori dan Praktek Sehari-hari (7th ed.). Binapura Aksara.

Putri, Endiana (2020). Pengaruh sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian internal terhadap kinerja perusahaan (studi kasus pada koperasi di kecamatan payangan). Jurnal KRISNA : Kumpulan Riset Akuntansi. Vol.11, No.2.

Ries, A., & Trout, J. (1972). Positioning: The Battle for Your Mind. Erlangga.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Sistem Informasi Akuntansi (13th ed.). PT. Salemba Empat.

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.

Sandy Br. Ginting, M. (2016). Analisis Segementasi Pasar Wisatawan Mancanegara yang Berkunjung ke Bali dari Aspek Sosio-Ekonomi Demografi, Psikografi, dan Perilaku. Jurnal IPTA, 3(2).

Suparyanto, R., & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. IN MEDIA.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2000). Total Quality Manajemen (3rd ed.). Andi.

Umar, H. (2001). Strategic Management in Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit. PT. Gramedia Pustaka.

Wahjuni Latifah, S. (2007). PENERAPAN SISTEM PEMASARAN TERPADU DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA SENTRA INDUSTRI PENGOLAHAN BERBASIS KEDELAI. Jurnal DEDIKASI, 4.




DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v4i1.8939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 SUNDA787 SUNDA787 ASIABET777 ASIABET777 KAWAHTOTO EMAS787 link slot gacor slot 10 ribu diamond murah voucher game