THE INFLUENCE OF CONSUMER KNOWLEDGE, TRUST, AND MOTIVATION ON THE INTENTION TO BUY ENVIRONMENTALLY FRIENDLY PRODUCTS

Deodatus Layo, Ambar Lukitaningsih, Lusia Tria Hatmanti Hutami, Sanchita Som

Abstract


The purpose of this study was to determine how "The Influence of Knowledge, Trust and Motivation of Consumers on Purchase Intention of Environmentally Friendly Products (Survey on Ades Drink Consumers in Yogyakarta)". The technique used is non probability sampling using purposive sampling method. The sample size was 100 respondents by distributing questionnaires which were measured using a Likert scale. The results showed that knowledge had no significant positive effect on purchase intention for environmentally friendly products, but the factors of trust and motivation had a significant positive effect on purchase intention for environmentally friendly products in Yogyakarta.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Doni Purnama. 2016. “Kepercayaan Konsumen Pada Produk Organik.” Ecodemica 4(2): 146–55. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/822.

Hutami, Recyana Putri. 2012. “Pengaruh Dividend Per Share, Return on Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaaan Industri Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010.” Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen 1(2).

Laksmi, Alit, and I Wardana. 2015. “Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Kesadaran Lingkungan Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 4(7): 253559.

Lestari, Endah Rahayu, Hanifa Kirana Putri, Cornelia Anindita, and Maria Bernadhetta Laksmiari. 2020. “Pengaruh Green Product ( Minuman Ramah Lingkungan ), Green Advertising , Dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Green Trust Dan Implikasi Terhadap Minat Beli The Effect Of Green Product ( Enviromental Friendly Drink ), Green Advertising , and Environmental Co.” 21(1).

Maruto, Danghyang Reksa, Agung Artha Kusuma, and Ni Nyoman Kerti Yasa. 2015. “Pengaruh Motivasi , Persepsi Kualitas , Dan Sikap Konsumen Pada Perilaku Pembelian Ulang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia.” E-Jurnal Manajemen Unud 4(8): 2125–44.

Mawey, Hizkia Elfran. 2013. “Motivasi, Persepsi, Dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Rajawali Nusindo Cabang Manado.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1(4): 791–801.

Nursalim, Elia Rapha Tister, and Trianggoro Wiradinata. 2016. “Analisis Jalur Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Desain Website Terhadap Minat Beli Ulang, Dengan Ecommerce Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Pada Produk E’Chick Secara Online.” Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1(1): 44–52.

Ortega, Daniel, and Anas Alhifni. 2017. “Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah.” EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah 5(1): 87–98.

Saraswaty, Wulan, and Ni Suprapti. 2015. “Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Kepedulian Lingkungan Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan (Studi Pada Produk Tupperware).” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 4(8): 255166.

Sumarsono’, and Yayat Giyatno. 2016. “Analsis Sikap Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap E-Colabelling Serta Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Surahmat, Dede, and Rina Astini. 2020. “2017 Jurnal Swot Dede S. & Rina A.” (January 2017).

Suwarso, Nurul, and Ni Wulandari K. 2015. “Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan (Studi Kasus Pada Pertamax Di Kota Denpasar).” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 4(10): 253653.

Tuwentina, Putu, and Dewa Wirama. 2014. “Pengaruh Konservatisme Akuntansi Dan Good Corporate Governance Pada Kualitas Laba.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8(2): 185–201.

Wibowo, Sutrisno, and Suci Nurul Andi Amaliah. 2013. “Analsis Perilaku Ramah Lingkungan Yang Dipengaruhi Oleh Nilai, Sikap Dan Gaya Hidup Konsumen Serta Pengetahuan Sebagai Variabel Pemediasi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Yuliawan, Eko. 2011. “Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung.” JWEM (Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil) 1(1): 21–30.




DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v6i1.8172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 SUNDA787 SUNDA787 ASIABET777 ASIABET777 KAWAHTOTO EMAS787 link slot gacor slot 10 ribu diamond murah voucher gameslot88