Improving Student’s Creative Thinking Skills using the Case Based Learning (CBL) Model assisted by Virtual Laboratory Media on Optical Materials
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Rahayu R, Iskandar S, Abidin Y 2022 21st Century Learning Innovation and Its Application in Indonesia Basicedu Journal 6(2) 2022 p210
Krismiyati 2017 Human Resource Development in Improving the Quality of Education at SD Negeri Inpres Angkasa Biak Jurnal Office 3(1) p43
Limbong E E S, Pasaribu S D, Tampubolon Y B S and Lubis R H 2024 The Relevance of The Independent Learning Curriculum to the 21st Century Learning Model in Development of Society Era 5.0 EDUCTUM: Journal Research 3(3) 100-106
Lefudin L 2017 Belajar dan Pembelajaran Yogyakarta Deep
Marisa M 2021 Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0 Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora) 5(1) 66-78
Endang Komara 2018 Strengthening Character Education and Learning in the 21st Century Sipatahoenan: South East Asian Journal For Youth, Sports & Health Education 4(1) p23
Athifah D 2019 Analysis of Students Creative Thinking Ability in Physics Learning Journal of Physics: Conference Series 1185 p012116
Ainiyah Q, Yuliati L and Parno P 2020 Analisis Penguasaan Konsep dan Kesulitan Belajar Materi Alat-Alat Optik Pada Siswa Kelas XI MAN Tuban Jurnal Riset Pendidikan Fisika 5(1) 24-29
Azzahra, A. (2017). Pengaruh Model Case Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Jamur (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan)
Susandari, 2012 Pengaruh Metode “Case Based Learning” terhadap Pemahaman Konsep dan Teori Psikologi Pendidikan, Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora p362
Puspita I 2020 Program Aplikasi PhET: Strategi Penguatan Pemahaman Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Radiasi Benda Hitam melalui Laboratorium Virtual dan Eksperimen Berbantuan Media Sosial Jurnal Pendidikan Madrasah 5(1) p60
Ruhiat Y and Utami I S 2019 Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan PheT Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Gerak Harmonik Sederhana Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta 2(1) 247-255
Hidayat R, Hakim L and Lia L 2019 Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PheT Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 7(2) 97-104
Nurdini S D, Husniyah R, Chusni M M and Mulyana E M 2022 Penggunaan Physics Education Technology (PheT) dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 6(1) 136-146
Firdaus M and Wilujeng I 2018 Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 4(1) 26–40
Munawaroh R and Setyarsih W 2016 Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Peralatan Optik dengan Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 5(1) p79
Susilo H, Chotimah H and Sari Y D 2022 Penelitian Tindakan Kelas Media Nusa Creative (MNC Publishing)
Iskandar , Dadang and Narsim 2015 Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya (Cilacap: Ihya Media)
Syarafina D N, Dewi E R and Amiyani R 2017 Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY pp978-602
Yusuf I and Widyaningsih S W 2020 Implementing E-Learning-Based Virtual Laboratory Media to Students' Metacognitive Skills International Journal of Emerging Technologies in Learning 15(5)
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i3.20470
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]