PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY MENGGUNAKAN MEDIA LKS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SUHU KELAS VII SMP NEGERI 1 SAYUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Hands on Activity menggunakan media LKS memberikan pengaruh lebih baik dibanding pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Sayung pada tanggal 14 November 2013 hingga 23 November 2013. Populasi penelitian adalah semua kelas VII yang berjumlah sepuluh kelas. Sampel yang diambil adalah dua kelas, yaitu kelas VIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIF sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Analisis data awal diperoleh uji homogenitas menggunakan uji Bartlett didapatkan c2hitung = 2,50749 dan c2tabel = 3,81 dengan kriteria pengujian jika c2hitung < c2tabel maka kedua kelompok tersebut homogen. Analisis akhir menggunakan uji-t (pihak kanan). Pada uji t diperoleh thitung > ttabel = 9,64 > 1,67 maka Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran Hands on Activity menggunakan media LKS memberikan pengaruh lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap aktivitas blajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v5i1.2582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]