PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA LABORATORIUM UPGRIS
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam. Kurikulum ini pula memiliki konten yang lebih optimal sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kompetensi yang sering digunakan oleh siswa yaitu kemampuan berpikir kritis. Implementasi Kurikulum Merdeka ini lebih fleksibel dan terdapat pembelajaran ekstrakulikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati dan kendala yang dihadapi guru SMA Laboratorium UPGRIS. Subyek penelitian adalah kelas X-Bali sebagai kelas eksperimen dan X-Dayak sebagai kelas kontrol, serta subyek tambahan guru biologi kelas X. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dengan pengundian. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan kelas ekperimen pada soal posttest nilai tertinggi yang didapat yaitu pada indikator memberikan penjelasan dasar dan membuat inferensi. Kelas kontrol nilai tertinggi yang didapat pada indikator memberikan penjelasan dasar Hasil analisis menggunakan Uji t, ttabel sebesar 1,676 < thitung 1,703. Kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil posttest keterampilan berpikir kritis tinggi daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki keterampilan berpikir kritis lebih tinggi daripada keterampilan berpikir kritis kelas kontrol. Implementasi kurikulum merdeka di SMA Laboratorium Universitas PGRI Semarang terlaksana secara optimal namun belum efektif. Hal ini disebabkan oleh kurang pelatihan guru. Kendala yang dihadapi oleh guru yaitu kurangnya referensi, akses yang masih terbatas, keterbatasan pembagian waktu antara pembelajaran teori dengan proyek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnafia D. N., (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Biologi. 6(1). 45-53
Anggreni, Y. D., Festiyed, F., & Asrizal, A. (2019). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA. Pillar Of Physics Education, 12(4).
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrahman, M. (2016). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia
Fitriyah, A., Ramadani, S. D., & Madura, U. I. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL(Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. 10(1). 209–226.
Hasanuddin et. al. (2022). Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar). Banten: Sada Kurnia Pustaka
Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Keterampilan Kognitif Peserta Didikpada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(1). 9-2
Kemendikbudristek. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/. Diakses 19 November 2022
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka. http://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/. Diakses 19 November 2022
Kemendikbudristek. (2020). Langkah-Langkah Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/project-based-learning/. Diakses 19 Desember 2022
Mashud. (2022). Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning Kelas Pendidikan Jasmani (PTK) & Kelas Olahraga (PTO). Sidoharjo: Zifatma Jawara
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577-585.
Setianingsih, R., & Roshayanti, F. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Kimia dalam Pokok Bahasan Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 5-9.
Syahwati, F., & Arif, S. (2022). Analysis Of The Effect Of Scientific Literacy And Questioning Ability On Science Learning OutcomeS. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 3(2), 150-157.
Umar, M. A. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model pembelajaran Berbasis Proyek ( Project-Based Learning ) Dalam Materi Ekosistem.4(2), 1–12.
Usman et al., (2022). Proses Pembelajaran Biologi Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di Sman 7 Tangerang. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains. 3(2), 56-141
Yanti D.E., Puguh K., Bowo S. (2013). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didikKelas X SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. BIO-PEDAGOGI. 2(2). 92-99
DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i2.17897
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.