Pengembangan LKPD berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta didik, Bawean

Noor Shabiha Farhana, Irwani Zawawi, Sri Suryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis masalah kontekstual pada mata pelajaran matematika materi perbandingan kelas VII SMP/MTs.sederajat untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model ADDIE yang ADDIE terdiri dari 5 tahapan yakni Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Intrumen kevalidan berupa angket validasi dari ahli materi dan ahli media dengan memperoleh nilai persentase 89,41%. Instrumen kepraktisan berupa angket respon peserta didik dengan memperoleh nilai persentase 81,35%..  Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 peserta didik MTs. Penaber, Bawean dengan mengisi angket kemandirian dan mengerjakan pretest, kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan LKPD dan diberikan posttest, angket kemandirian setelah pembelajaran, angket respon, dan dilakukan wawancara kepada peserta didik sebagai media evaluasi pengembangan LKPD ini.  Instrumen keefektifan berupa dilakukannya pretest dan posttest dengan memperoleh nilai 0,704 yang termasuk kategori tinggi serta angket kemandirian sebelum dan sesudah dilakukannya pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 0,38 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis tersebut LKPD yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan dapat digunakan dalam pembeelajaran di kelas VII SMP/MTs. Sederajat.

Kata kunci : LKPD berbasis kontekstual, LKPD perbandingan, ADDIE


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran cetakan kelima.

Astuti, E. P. (2016). Kemandirian Belajar Msiswa SMP/MTs di Kecamatan Prembun. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 65-75.

Hakim, S. N. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Journal Unsika : sesiomadika.

Hidayati. (2010). Improving Instruments Of Students 'Self Regulated Learning.

Prastowo, A. (2012). pengembangan sumber belajar. Yogyakarta: pedagogia.

Rica Wijayanti, B. H. (2018). Media Comic Math Berbasis Whiteboard Annimation Dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1): 53-63.

Sagita D., S. S. (2020). Pengembangan LKPD Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 846-856.

Sugiyanto. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual pada materi ekosistem kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur. jurnal pendidikan matematikan dan ilmu pengetahuan alam, 23-33.

Tsurayya., C. N. (2021). Pengembangan Video Pemabelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 48-64.

Wahab, J. a. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2): 1039-45.

Yani, A. (2022). Pengembangan LKPD "Studi Identifikasi Jenis Jamur Pada Suksesi Pertumbuhan Jamur Roti" Untuk Melatih Nerpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Bioedu, 194-205.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.13637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats